Man of The Match: Laju Kencang Oktafianus Fernando

Oktafianus Fernando (tengah) merayakan gol yang ia cetak ke gawang PSIM. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

EJ – Oktafianus Fernando melanjutkan performa gemilangnya pada laga kandang menghadapi PSIM Yogyakarta, Rabu (16/8) malam kemarin. Pada pertandingan yang dimenangkan oleh Persebaya dengan skor 2-1 tersebut, Ofan, panggilan akrab Oktafianus, turut menyumbang satu gol.

Ofan membuka skor bagi Bajul Ijo pada menit ke-15. Menerima umpan Yogi Novrian dari dalam kotak penalti lawan, Ofan dengan ketenangannya mampu mengecoh dua bek PSIM sebelum melepaskan tembakan terukur yang tak bisa dibendung kiper Laskar Mataram, Ivan Febrianto.

Gol ke gawang PSIM pada laga kemarin merupakan gol ketiga Ofan dalam empat laga terakhirnya bersama Persebaya. Sebuah catatan yang kian menegaskan bahwa pemain bernomor punggung 8 itu sedang dalam puncak penampilannya. Ofan sendiri sempat mengalami penurunan performa di awal kompetisi. Tampil sebagai starter di pekan pertama dan menyumbang satu assist kala itu, Ofan justru tak masuk tim utama pada tiga laga berikutnya. Faktor cedera menjadi salah satu penyebab tersisihnya nama Ofan dari tim utama Green Force.

Ofan baru kembali merasakan starting line-up pada pertandingan pekan ke-5 kontra Persatu Tuban. Sejak saat itu, ia seolah menemukan bentuk permainan terbaiknya. Terlebih lagi dengan kedatangan sosok Angel Alfredo Vera di kursi kepelatihan Persebaya. Bersama Alfredo Vera sebagai nakhoda baru Bajul Ijo, Ofan terus menunjukkan laju kencangnya di lini serang Persebaya.

Bersama Irfan Jaya dan Yogi Novrian, Ofan kini menjelma menjadi andalan baru lini depan Persebaya. Gol ke gawang PSIM pun lahir dari kerjasama segitiga antara dirinya dengan Irfan dan Yogi. Meski performanya kian menanjak, penampilan Ofan bukan tanpa cela. Dalam beberapa kesempatan, Ofan terlihat masih ambisius dalam menggiring bola. Ia memang dibekali kecepatan dan dribble bola yang bagus, namun Ofan harus bisa meredam egonya. Jika mampu tampil lebih efektif dan bisa terus menyatu dengan skema main yang diterapkan Alfredo Vera di Persebaya, maka bukan hal yang mengejutkan bila laju kencang Oktafianus Fernando akan mengantarkan Bajul Ijo melangkah lebih jauh menuju gerbang Liga 1. (rvn)

BACA:  Dua Hasil Jelek Persebaya, Manajemen Masih Optimis