Miswar Saputra Yang Makin Menjanjikan

Miswar Saputra saat pertandingan melawan PSIM. Foto: Ninda Sahriyani/EJ

EJ – Laga Persebaya melawan PSIM Yogyakarta menjadi pertandingan resmi ke-3 di ajang kompetisi Liga 2 bagi kiper muda Miswar Saputra.

Pada laga tersebut, kiper kelahiran Lueng Putu, Banda Aceh bermain sangat gemilang dan menjanjikan. Sempat melakukan beberapa penyelamatan (save) di sepanjang laga namun gawangnya jebol juga oleh striker PSIM, Engkus Kuswaha, di penghujung laga.

Tercatat, Miswar melakukan 3 save dan 3 clearance sepanjang laga. Bahkan kiper berusia 21 tahun tersebut sempat melakukan 1 penyelamatan krusial pada menit ke-13 ketika ia mampu menepis tendangan pemain nomor 10 PSIM, Rachman “bebek” Purwanto, yang sudah berhadapan 1 lawan 1.

Selama mengenakan seragam Persebaya, pemain bernomor punggung 33 ini tercatat telah melakoni 5 laga. Dua laga uji coba melawan Cilegon United dan PSIS Semarang. Dua laga itu berakhir dengan kekalahan. Persebaya kalah 1-2 dari Cilegon di babak penyisihan turnamen Dirgantara Cup dan 0-1 dari PSIS di stadion Jatidiri, Semarang. Laga ketiga Miswar sekaligus debutnya di kompetisi resmi Liga 2 ketika mengalami kekalahan 1-2 melawan Martapura FC di Stadion Demang Lehman.

Pertandingan melawan PSBI sekaligus menjadi titik balik penampilan Miswar. Disiapkan untuk menjadi pengganti Dimas Galih yang absen justru menampilkan permainan yang menjanjikan dengan mencatatkan cleansheet pada laga yang berkesudahan dengan skor 4-0 tersebut.

Pertandingan melawan PSIM Yogyakarta Rabu (16/8) malam menjadi pembuktian Miswar bahwa dirinya pantas menjadi kiper utama. Meski begitu, ada handicap dalam pertandingan tersebut di mana ia melakukan blunder di penghujung laga. Sempat konsisten hingga memasuki injury time babak ke-2, eks kiper Persiraja Banda Aceh pada ISC B 2016 itu melakukan kesalahan yang berujung kemelut di depan gawangnya lalu dimanfaatkan oleh Engkus Kuswaha shingga menjadi gol.

BACA:  Tiga Kali Kalah Saat Jadi Starter, Miswar Akhirnya Cicipi Kemenangan

Tapi, bukan tidak mungkin tipikal kiper modern ini yang bisa bermain sebagai sweeper-keeper ini membuat Alfredo Vera memberikan kepercayaan untuk mengisi pos penjaga gawang pada sisa laga grup Persebaya dan babak 16 besar. (eka)

Persebaya Bersama Miswar:

Uji coba:

Persebaya vs Cilegon United 1-2
PSIS vs Persebaya 1-0
–> 0 menang, 0 seri, 2 kalah

Liga 2:

Martapura FC vs Persebaya 2-1
Persebaya vs PSBI 4-0
Persebaya vs PSIM 2-1
–> 2 menang, 0 seri, 1 kalah

Total Menit Bermain:

Laga resmi 270 menit (3 match)
Laga uji coba 180 menit (2 match)

Total Kemasukan:

Laga resmi 3 gol
Laga uji coba 3 gol