Abu “Rodeg” Rizal, Pemain Tipe Versatile di Skuad Persebaya

Abu Rizal saat melawan Persatu. Foto: Joko Kristiono/EJ

Persebaya merupakan salah satu tim kuat yang di gadang-gadang bakal promosi ke kasta tertinggi sepak bola indonesia memiliki kedalaman skuat yang mumpuni untuk mengarungi Liga 2 musim ini. Terlebih di skuat persebaya saat ini memiliki pemain dengan tipe versatile. Apa itu versatile? Versatile ialah tipe pemain yang bisa bermain di berbagai posisi kecuali kiper. Tipe pemain ini sangat dibutuhkan pelatih di era sepak bola modern. Contoh pesepak bola versatile di era modern, seperti Philip Lahm yang bermain di Munchen kerap berposisi sebagai bek sayap(RB/LB) dan gelandang bertahan(DMF). Ada juga pemain MU, Daley Blind yang bisa bermain di bek tengah(CB), bek sayap (LB) dan gelandang bertahan (DMF).

Di skuad persebaya saat ini yang bisa dikategorikan sebagai pemain versatile ialah Abu “Rodeg” Rizal. Pemain bernomor punggung 22 ini kerap dipercaya Alfredo Vera untuk mengisi berbagai posisi di skuad inti persebaya yang sebenarnya posisi aslinya adalah bek sayap kanan. Perubahan posisi bermain Abu Rizal ini dikarenakan banyaknya pemain yang terkena akumulasi kartu, cedera atau bahkan untuk strategi dari sang pelatih.

Pemain kelahiran Sampang 23 tahun silam yang baru merayakan hari kelahirannya ini, telah memperkuat Bajul ijo di kompetisi resmi sebanyak 12 pertandingan, 987 menit, 2 assist, dan menghasilkan 1gol. Pada dua laga terakhir, Rodeg panggilan akrabnya bermain di dua posisi berbeda yaitu di bek sayap dan gelandang bertahan.

Ketika melawan PSIM, Abu Rizal yang bermain 90 menit menempati posisi gelandang bertahan dengan mencatatkan 2 block, 1 clearance, 1 tackles won, 1 duel won, 2 chance created, dan menciptakan 1 shot on target ke gawang PSIM.

Dilanjut pada pertandingan away lawan Persatu yang digelar Senin kemarin, di mana pelatih Alfredo Vera melakukan rotasi pada pemain inti. Pemain serba bisa ini masuk pada menit 66 menggantikan posisi Kurniawan Karman sebagai bek sayap kanan dan melakukan 1 intercep menghalau serangan lawan.

Keahlian berbagai posisi yang dimiliki Abu Rizal ini dapat menambah alternatif Alfredo Vera untuk mengarungi sisa laga Liga 2, di mana bajul ijo saat ini telah dipastikan lolos ke babak 16 besar serta mudah-mudahan dapat melaju hingga ke Liga 1 musim depan.

*) Novan Andi, fans Persebaya dari UB Malang

Facebook Comments