Ricky Kayame Cetak Quattrick, Persebaya Menang Lawan Klub Internal Allstars

Ricky Kayame saat pertandingan melawan Klub Internal Allstars. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Ricky Kayame menjadi bintang saat Persebaya melakukan laga uji coba melawan Klub Internal Allstars (KIA) di GBT, Sabtu pagi (9/9). Pemain asal Papua ini mencetak empat gol dalam pertandingan 2×40 menit.

Alfredo Vera, memasang mayoritas pemain in ti di babak pertama dengan Ricky sebagai ujung tombak. Duet Fandry Imbiri dan Andri Muliadi dipasang sebagai bek tengah. Gelandang yang baru sembuh dari cedera, Thaufan Hidayat, dipasang sebagai sayap kiri. Nerius Alom dipasang sebagai gelandang bertahan bersama M. Hidayat.

Persebaya langsung menekan ke garis pertahanan KIA yang mayoritas diisi pemain PS Kota Pahlawan ditambah pemain Persebaya U-17 dan klub internal. Thaufan Hidayat tampil baik di awal babak. Dua peluang emas langsung didapatnya. Sayang dua tendangannya masih gagal karena di-block kiper KIA.

Gol Persebaya lahir di menit 23 melalui kaki Ricky. Umpan Thaufan diterima Ricky. Bola digocek melawati pemain KIA dan langsung ditendang masuk ke gawang. 1-0 untuk Persebaya.

Pada menit 27, pemain Persebaya U-17 yang mengikuti latihan bersama tim senior dimasukkan pelatih KIA, Lulut Kistono.

Menit 38, Ricky kembali mencetak gol. Aksinya di dalam kotak pinalti mampu melwati pemain KIA. Ia dengan bebas menceploskan bola ke gawang. Skor 2-0 untuk Persebaya hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan wasit.

Di babak kedua, mayoritas pemain di babak pertama diganti kecuali M. Irvan dan Thaufan. Rishadi Fauzi ganti dipasang sebagai ujung tombak. Di tengah ada Mei Pras, Adam Maulana, dan Kurniawan Karman. Di belakang ada M. Syaifuddin dan Rachmat Juliandri. Dimas Galih dipasang di bawah mistar.

BACA:  Persebaya Bantah Omongan Gede Soal Uji Coba Lawan Persija

Thaufan masih bermain apik di awal babak. Umpan terukurnya dari sisi kiri tak bisa dijangkau Karman.

Menit 45, Adam tergeletak karena cedera dan harus mendapat perwatan. Ia kemudian digantikan Nerius Alom. Permainan Persebaya di babak kedua agak menurun. Serangannya banyak terhenti di tengah. KIA mampu mengimbangi permainan Persebaya.

Menit 57, Ricky dimasukkan lagi menggantikan Thaufan. Pada menit 68, KIA berhasil mencetak gol melalui kaki Ferry. Skor 2-1. Pelatih Alfredo terlihat marah-marah dari pinggir lapangan karena para pemainnya kurang bisa mengikuti instruksinya.

Pada menit 71, Rishadi akhirnya mencetak gol melalui sundulan. Skor berubah menjadi 3-1. Ricky mencetak hattricknya di menit 74. Kerjasama satu dua dengan Rishadi berbuah gol cantik. 4-1 untuk Persebaya.

Ricky mencetak quattrick dengan golnya di menit tambahan waktu babak kedua. Bola tendangan Karman berhasil ditepis kiper. Namun sudah ada Ricky yang leluasa menendang bola. 5-1! Wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Usai laga uji coba ini, Persebaya akan menjamu Persinga Ngawi di GBT, Kamis besok (14/9). Kemenangan akan membawa Bajol Ijo menjadi juara grup. (iwe)

Starting Line Up Babak 1: Miswar Saputra (GK), Fandry Imbiri, Andri Muliadi, M. Irvan, Abu Rizal, Nerius Alom, Misbakus Solikin, Thaufan Hidayat, M. Hidayat, Irfan Jaya, Ricky Kayame

Starting Line Up Babak 2: Dimas Galih, M.Syaifuddin, Rachmat Juliandri, Abdul Aziz, M. Irvan, Kurniawan Karman, Sidik Saimima, Mei Handoko, Thaufan Hidayat, Adam Maulana, Rishadi Fauzi