Persebaya vs Persinga: Menang dan Jadi Juara Grup

Latihan Persebaya di GBT, Rabu (13/9). (Foto: Ninda Sahriyani/EJ)

EJ – Persinga Ngawi akan menjadi lawan terakhir Persebaya di fase grup Liga 2. Kamis, (14/9) sore nanti, Bajul Ijo dijadwalkan menjamu Laskar Ketonggo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebuah laga yang teramat penting bagi Persebaya yang ingin menuntaskan misi menjuarai Grup 5. Kemenangan atas Persinga akan mengunci status juara Grup 5, sekaligus mengobati rasa penasaran Persebaya yang gagal menaklukkan Persinga pada pertemuan pertama lalu.

Pada pertemuan pertama, 15 Juli  2017 lalu, Persebaya dipaksa berbagi satu poin oleh tuan rumah Persinga di Stadion Ketonggo, Ngawi. Sempat unggul cepat melalui eksekusi tendangan bebas Misbakhus  Solikin di menit ke-9, tuan rumah memaksa Persebaya pulang membawa satu poin setelah Slamet Larso Hariyadi mampu menjebol gawang Dimas Galih pada menit ke-70. Tak hanya kegagalan dalam meraih poin penuh, laga keras di Ngawi juga memakan korban pemain dari Persebaya. Misbakhus Solikin dan Rendi Irwan terpaksa diganti pada babak kedua akibat mengalami cedera. Sore nanti, Bajul Ijo berkesempatan membayar kegagalan mereka mengalahkan Persinga, sekaligus menutup babak penyisihan grup Liga 2 dengan status juara Grup 5.

Jelang laga pamungkas kontra Persinga, kekuatan Persebaya sedikit tereduksi setelah winger Oktafianus Fernando dan kapten Rendi Irwan harus menjalani terapi lanjutan ke Jakarta. Ofan dan Rendi sama-sama mengalami masalah pada lututnya sehingga membutuhkan penanganan khusus di Jakarta. Keduanya dipastikan absen untuk laga sore nanti. Kabar baiknya, Thaufan Hidayat dan Ricky Kayame sudah siap untuk pertandingan menjamu Persinga.

Kondisi Thaufan terlihat semakin membaik dan sudah diturunkan dalam pertandingan uji coba menghadapi Klub Internal All Stars pekan lalu. Pun demikian dengan Kayame yang mulai bisa berdaptasi dengan rekan-rekannya di lini depan Green Force. Mulai tajamnya Kayame, meski hanya dalam laga uji coba, tentunya menjadi angin segar di tengah situasi packlik gol yang sedang dialami oleh Rishadi Fauzi. Kayame dan Fauzi pun diprediksi akan menjadi opsi pertama Angel Alfredo Vera untuk laga menghadapi Persinga.

Meski sudah memastikan diri lolos ke babak 16 Besar, namun kemenangan atas Persinga tentunya akan menjadi penutup yang manis bagi Persebaya di fase grup. Oleh karena itu, dengan tuntutan untuk mengamankan status juara Grup 5, Afredo Vera selaku juru taktik Persebaya tentunya memiliki pilihan untuk menurunkan tim terbaik setelah sempat melakukan rotasi pemain ketika Green Force melawat ke kandang Persatu Tuban, dua pekan lalu.

BACA:  Tanpa Penonton, Persebaya Alami Dua Laga Pencak Silat

Sementara itu sang tamu Persinga Ngawi datang ke Surabaya dengan situasi nothing to lose. Saat ini Laskar Ketonggo masih tertahan di peringkat 6 dengan koleksi 16 poin. Meski kans untuk masuk ke posisi 4 besar demi tiket play-off Liga 2 masih terbuka, namun Persinga dihadapkan dengan rekor buruk saat melakoni laga tandang.

Penampilan Persinga sepanjang musim ini memang tergolong ikonsisten. Sempat mengalahkan tim-tim kuat seperti Martapura FC dan PSIM di kandang sendiri, tim asal Kabupaten Ngawi tersebut justru keteteran ketika bermain tandang. Dari tiga laga tandang terakhir yang dilakoni Persinga, mereka bahkan tidak pernah menang. Parahnya lagi, dari tiga laga away tersebut, Laskar Ketonggo menderita 12 gol. Persinga kalah 2-5 dari Persepam, lalu 0-3 dari Persatu dan terakhir kalah telak dengan skor 1-4 kala melawat ke kandang Martapura FC. Jika melihat tren buruk Persinga, maka situasi ini tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Persebaya.

Bajul Ijo sendiri semakin trengginas jika bermain di Gelora Bung Tomo. Misbakhus Solikin dkk. berhasil menyapu bersih tiga laga kandang terakhir dan mampu mencetak 8 gol, serta hanya sekali kebobolan. Terlebih lagi, Persebaya belum pernah kehilangan poin penuh di kandang semenjak Alfredo Vera datang menukangi klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut. Rekor kandang yang terus terjaga inilah yang menjadi modal berharga Persebaya untuk membenamkan Persinga di Gelora Bung Tomo. Apalagi, punggawa-punggawa Persebaya tengah dihinggapi motivasi tinggi untuk bisa memenangkan laga ini. Pertandingan pamungkas babak penyisihan Grup 5 kontra Persinga sora nanti pun juga bisa digunakan sebagai tolak ukur kesiapan Persebaya menuju fase 16 Besar. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Persinga

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Kurniawan Karman, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Mochammad Irvan (B); Muhammad Hidayat, Misbakhus Solikin (C), Abu Rizal Maulana (T); Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Yogi Novrian (D).

Persinga (4-2-3-1): Bagus Prasetiyo (PG); Abdul Muis, Achmad Sholeh, Andre Oki Sitepu, Rachmad Sucipto (B); Muhammad Zamnur (C), M. Bagus Yulianto (T); Harris Yudha, Rosad Setiawan, Fatkhur Rossi (T); Slamet Hariyadi (D).

Facebook Comments