Persebaya vs PSBS Biak: Ujian Mental Laga Pembuka

Persebaya. (Foto: Joko Kristiono/EJ)

EJ – Persebaya memulai langkah babak 16 Besar Liga 2 dengan menjamu PSBS Biak di stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (22/9) sore ini. Pertandingan kandang kontra PSBS Biak akan menjadi ujian pertama Persebaya yang mengusung misi sapu bersih semua laga di fase 16 Besar. Untuk itulah, Green Force pun sudah menyiapkan amunisi-amunisi terbaiknya guna menghadapi PSBS Biak.

Lolos dengan status juara Grup 5, Persebaya memang menjadi salah satu tim unggulan di fase 16 Besar. Seperti diketahui, Persebaya sendiri tergabung di Grup C pada babak 16 Besar, bersama Kalteng Putra, Semeru FC Lumajang, dan PSBS Biak.

Jelang laga sore nanti, Persebaya mendapat kabar gembira setelah semua punggawanya dipastikan fit. Hal ini seperti diungkapkan Direktur Tim Persebaya, Candra Wahyudi.

“Setelah menyelesaikan penyisihan, kita akan memainkan laga perdana 16 besar melawan PSBS Biak. Alhamdullilah kondisi pemain baik dan fit, kita punya waktu lima hari persiapan. Semoga kita bisa memaksimalkan laga perdana tersebut,” ujar Candra saat ditemui usai latihan di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (17/9) lalu.

Sebelumnya, kekuatan Bajul Ijo jelang laga pembuka 16 Besar sempat dikhawatirkan berkurang setelah Rendi Irwan dan Oktafianus Fernando mengalami cedera lutut. Namun usai mendapatkan terapi khusus di Jakarta, Rendi dan Oktafianus sudah fit dan telah bergabung kembali ke tim. Kembalinya Rendi serta Ofan ke tim utama tentunya akan semakin menambah daya gedor Persebaya di lini depan.

Selain mendapat suntikan tenaga dengan kembalinya Rendi dan Ofan, Persebaya juga mendapat angin segar dengan moncernya penampilan Ricky Kayame. Sempat kesulitan beradaptasi di pertandingan-pertandingan awal bersama Persebaya, Kayame berhasil membuktikan kapasitasnya dengan sebuah penampilan eksplosif kala jumpa Persinga Ngawi di laga penutup fase grup. Tak hanya Kayame, winger muda Thaufan Hidayat pun juga mulai menyatu dengan permainan tim setelah absen lama akibat cedera. Thaufan terlihat sudah menemukan kepercayaan diri pasca mendapatkan cedera yang cukup parah di awal musim lalu. Performa menjanjikan Kayame dan Thaufan pun memberikan warna baru di lini serang Persebaya.

Kembalinya pemain-pemain yang sempat absen akibat cedera serta menanjaknya sejumlah pemain baru tentunya akan membuat Persebaya semakin optimis untuk meraup poin penuh kala jumpa PSBS Biak. Tengah diselimuti hawa positif dan penampilan yang menanjak, namun bukan berarti Misbakhus Solikin dan kawan-kawan bisa meremehkan kekuatan PSBS Biak.

BACA:  Tak Perlu Away ke Papua, PSBS Biak Jamu Persebaya di GBT

Sama seperti Persebaya, PSBS juga menutup laga di fase grup dengan penampilan yang meyakinkan. Pada laga pamungkas Grup 8, Cendrawasih Kuning berhasil menaklukkan Persbul Buol dengan skor telak, 6-1. Pesta gol PSBS di pertandingan terakhir fase grup tersebut sekaligus membuat Michael Rumere dan kawan-kawan tampil sebagai tim dengan produktivitas gol tertinggi di Grup 8.

Seperti halnya klub-klub asal Papua lain, PSBS Biak sangat mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik pemain-pemainnya. Apalagi, PSBS Biak juga dihuni oleh beberapa nama pemain yang sudah malang-melintang di kompetisi level tertinggi. Sebut saja kiper Selzius Gebze dan bek andalan mereka, Daniel Tata. Mencetak 17 dan hanya kemasukan 9 gol selama fase grup membuktikan bahwa PSBS merupakan tim yang wajib diwaspadai. Apalagi, meski digelar dengan sistem home tournament dengan 6 peserta saja, Grup 8 terbilang cukup kompetitif dan tidak ada tim yang terlalu mendominasi. Tampil kompetitif sejak fase grup, pastinya akan menjadi modal berharga bagi PSBS Biak.

Menjamu PSBS Biak di pertandingan pembuka babak 16 Besar, tiga poin menjadi target mutlak yang harus diraih Persebaya. Kemenangan di laga pembuka akan menaikkan mental punggawa-punggawa Bajul Ijo guna menyambut pertandingan-pertandingan berikutnya. Kesiapan mental dan fisik menjadi faktor penting di babak 16 Besar, mengingat jarak antar pertandingan sangatlah dekat. Jadi, ujian mental di laga pembuka harus dilewati Persebaya dengan sebuah kemenangan dan permainan yang meyakinkan. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs PSBS Biak

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Andri Muliadi, Mochammad Irvan (BK); Misbakhus Solikin (C); Muhammad Hidayat, Sidik Saimima (T); Irfan Jaya, Ricky Kayame, Yogi Novrian (D)

PSBS Biak (3-5-2): Selsius Gebze (PG); Daniel Tata, Faisal Samberbori, Patrias Rumere (C) (BK); Adrian Msen, Bryan Muabuay, Charles Rumbino, Delfin Rumbino, Defri Kewoe (T); Michael Rumere, Delvin Taplo (D)