Kalteng Putra vs Persebaya: Menjaga Momentum Kemenangan

Latihan Persebaya di lapangan Yonif 631, Antang, Senin (25/9). Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Usai membuka babak 16 Besar dengan kemenangan telak atas PSBS Biak, Persebaya akan melakoni laga tandang menghadapi Kalteng Putra, Selasa (26/9) sore ini di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya. Sebuah laga yang tidak mudah bagi skuad Bajol Ijo karena Kalteng Putra dikenal sangat kuat jika bermain di kandang mereka sendiri.

Melakoni laga away ke kandang Kalteng Putra, Persebaya membawa modal bagus setelah tampil meyakinkan di pertandingan pertama fase 16 Besar. Terlebih lagi, hampir seluruh punggawa Green Force dalam kondisi siap tempur. Namun meski tengah dalam tren positif serta mengusung optimisme tinggi, Persebaya tetap harus mewaspadai kekuatan tuan rumah.

Kalteng Putra sendiri lolos ke 16 Besar sebagai wakil Grup 6 dengan status runnerup di bawah PS Mojokerto Putra. Tim berjuluk Enggang Borneo itu secara mengejutkan mampu menyingkirkan tim kuat Persik Kediri dalam perebutan satu tiket ke babak 16 Besar. Di babak penyisihan grup, Kalteng Putra mencatatkan rekor 6 kemenangan, 3 hasil seri dan 3 kali menelan kekalahan. Meski kerap inkonsisten jika bermain tandang, namun anak asuh pelatih kawakan Kas Hartadi tersebut benar-benar memanfaatkan laga kandang untuk mendulang poin penuh.

Tak hanya mampu menyabet satu tiket ke babak 16 Besar, Kalteng Putra juga menjadi tim paling produktif kedua di Grup 6 dengan catatan mencetak 23 gol. Soal produktivitas gol di fase penyisihan grup, Rivaldy Bawuo dan kawan-kawan hanya kalah dari juara grup Mojokerto Putra dan dan PSBK Blitar yang sama-sama mencetak 25 gol. Kebanyakan gol Kalteng Putra di babak penyisihan grup dicetak ketika mereka bermain kandang. Kemenangan terbesar Kalteng Putra adalah ketika mereka melumat PSBK Blitar dengan skor 6-1. Walaupun pada pertandingan pembuka 16 Besar kalah dari Persigo Semeru FC, namun agresifitas Kalteng Putra di kandangnya sendiri tetap harus diwaspadai Persebaya.

Tak hanya soal agresifitas di kandang saja yang menjadi senjata utama Kalteng Putra, amunisi-amunisi anyar mereka juga wajib diwaspadai Persebaya. Seperti diketahui, Enggang Borneo sudah mendatangkan sejumlah pemain baru guna menghadapi babak 16 Besar ini. Tiga pemain baru Kalteng Putra, yakni Dominggus Karewai, Dennis Bunney dan Fauzan Nasrullah bahkan sudah diturunkan kala jumpa Semeru FC.

BACA:  Jika Bertemu Persebaya, Semeru FC Akan Pindahkan Laga ke Jember

Menghadapi lawan yang tangguh jika bermain home, Alfredo Vera selaku arsitek Persebaya pastinya sudah menyiapkan langkah antisipasi. Pada babak penyisihan grup lalu, Persebaya hanya menelan satu kekalahan dan kekalahan tersebut terjadi di Pulau Kalimantan ketika Bajol Ijo melawat ke kandang Martapura FC. Kekalahan di Stadion Demang Lehman, Martapura tentunya sudah memberi pelajaran berharga bagi skuad Persebaya.

Belajar dari kekalahan Persebaya dari Martapura FC di penyisihan grup, Misbakhus Solikin dan kawan-kawan wajib mewaspadai permain keras tuan rumah. Selain itu, pemain-pemain Persebaya juga harus sebisa mungkin mengontrol emosi mereka. Ketenangan dan fokus pada permainan akan menjadi faktor kunci jika Bajol Ijo ingin meraih poin di Stadion Tuah Pahoe.

Sementara dari segi teknis, Persebaya memiliki modal yang cukup kuat untuk bisa mendulang poin di kandang Kalteng Putra. Pasalnya, kini punggawa-punggawa Green Force tengah dalam kondisi terbaik. Ricky Kayame dan Irfan Jaya tengah ganas-ganasnya di lini depan. Pun demikian dengan Misbakhus Solikin yang semakin produktif dari lini kedua. Rendi Irwan dan Thaufan Hidayat juga semakin menunjukkan perkembangan positif usai sembuh dari cedera.

Dengan tren menanjak yang sedang menghampiri Persebaya, misi poin penuh di Palangka Raya adalah target yang realistis. Apalagi, Persebaya belum pernah kalah di laga resmi semenjak ditukangi Alfredo Vera. Misi menjaga rekor unbeaten sekaligus meneruskan momentum kemenangan inilah yang akan menjadi motivasi tambahan bagi Persebaya untuk menghadapi laga keras menghadapi Kalteng Putra. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Kalteng Putra vs Persebaya

Kalteng Putra (4-2-3-1): Galih Sudaryono (PG); Budhiar Riza, Bursanudi Ahya, Fauzan Nasrullah, Yus Arfandy (C) (B); Ikhfatul Alam, Muhammad Iqbal (T); Dominggus Karewai, Dennis Bunney, Faria Rofanda (T); Rivaldy Bawuo (D)

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Andri Muliadi, Mochammad Irvan (B); Misbakhus Solikin (C), Muhammad Hidayat, Sidik Saimima (T); Irfan Jaya, Thaufan Hidayat, Ricky Kayame (D)