Players to Watch: Muhammad Hidayat dan Rivaldy Bawuo

Muhammad Hidayat (kanan). Foto: Bimbim/EJ

EJ – Muhammad Hidayat dan Rivaldy Bawuo akan memegang peran penting dalam laga ini. Muhammad Hidayat semakin menunjukkan kualitasnya sebagai pendamping ideal bagi Misbakhus Solikin di lini tengah Persebaya. Sementara Rivaldy Bawuo dari Kalteng Putra adalah penyerang paling tajam di Liga 2 dengan gelontoran 13 gol.

Muhammad Hidayat

Menempati posisi gelandang bertahan, aksi Muhammad Hidayat memang seperti “tidak terlihat” di setiap laga. Namun justru itulah keistimewaan yang dimiliki seorang Muhammad Hidayat. Tak banyak mendapat sorotan, bukan berarti Hidayat tidak memiliki peran vital di dalam permainan Persebaya. Hidayat adalah salah satu aktor penting di balik kemenangan telak Bajol Ijo atas PSBS Biak di laga pembuka 16 Besar lalu.

Kerap dipasang sebagai bagian dari tiga gelandang yang dimainkan oleh Alfredo Vera, Hidayat diberi tugas untuk menjaga kedalaman sekaligus menjadi ball winner. Tak hanya itu saja, Hidayat bisa saja menjelma menjadi kreator serangan dari garis pertahanan Persebaya. Satu asisnya kepada Irfan Jaya pada laga kontra PSBS Biak juga menunjukkan bahwa Hidayat adalah pengumpan yang handal.

Menghadapi Kalteng Putra yang dikenal agresif jika bermain kandang, peran Hidayat akan semakin penting. Ia akan bertugas menghentikan suplai bola ke Rivaldy Bawuo yang menjadi andalan lini depan tuan rumah. Apabila Hidayat mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan Persebaya bisa memenangi duel krusial di lini tengah, maka Bajol Ijo berpeluang untuk mendulang poin di kandang Kalteng Putra.

Rivaldy Bawuo

Tak banyak mendapat sorotan di awal musim, nama Rivaldy Bawuo kini melesat sebagai penyerang paling tajam di Liga 2. Torehan 13 gol menjadikan pemain berusia 23 tahun itu sebagai top scorer sementara Liga 2.

BACA:  Fandry Siap Dimainkan Lawan Kalteng Putra

Rivaldy langsung tancap gas sejak awal musim lalu. Di pekan perdana Liga 2, Rivaldy mencetak empat gol yang mengantarkan Kalteng Putra menang telak atas PSBK Blitar. Sejak saat itu, pundi-pundi gol Rivaldy terus bertambah. Terakhir, Rivaldy mencatatkan hattrick ke gawang Persida Sidoarjo sekaligus membawa Kalteng Putra lolos ke babak 16 Besar.

Ketajaman Rivaldy di lini depan Kalteng Putra akan menjadi tantangan tersendiri bagi pertahanan Persebaya. Menghadapi penyerang clinical seperti Rivaldy Bawuo, lini belakang Bajol Ijo jelas harus sebisa mungkin tampil tanpa cela. Membuat kesalahan sekecil apapun, Rivaldy bisa saja langsung menghukum pertahanan Persebaya. (rvn)