Waspada Faktor Non Teknis

EJ – Ada pengalaman tak menyenangkan di kala Persebaya bertandang melawan klub-klub asal Kalimantan. Beberapa kali, Green Force harus menyerah dengan faktor-faktor di luar pertandingan. Tak lekang oleh ingatan, Persebaya harus kalah 1-2 di tangan Martapura di babak penyisihan grup. Saat itu, ofisial Martapura berusaha mempengaruhi wasit untuk mengulur waktu. Hasilnya, gawang Persebaya kebobolan.

Persebaya juga pernah “dikerjai” klub asal Palangka Raya, Persepar Kalteng Putra. Saat bermain di IPL 2013, Persebaya terkena dua kali pinalti yang menyebabkan mereka kalah 2-3. Pinalti kedua dihadiahkan kepada tuan rumah oleh wasit di menit 110 akibat diving pemainnya. Pertandingan seharusnya telah terhenti saat pinalti itu diberikan. Tak hanya itu, ofisial Persepar memukul ofisial Persebaya, Saleh Hanifah, yang membuatnya terjatuh.

Menghadapi Kalteng Putra, Persebaya harus kembali mewaspadai faktor-faktor non teknis. Meski begitu, Persebaya harus tampil bagus dan mencetak banyak gol agar faktor-faktor itu tak mempengaruhi permainan tim. Ayo Green Force, hancurkan musuhmu!