Jaga Momentum, Jangan Jumawa Persebaya

Selebrasi Misbakhus Solikin usai menjebol gawang Kalteng Putra pada pertemuan pertama. Foto: Joko Kristiono/EJ

Empat poin dari dua game babak 16 Besar adalah buah perjuangan panjang. Tentu saja belum cukup untuk maju ke babak 8 Besar. Masih ada dua game kandang dan dua kali laga tandang. Perjuangan baru saja dimulai.

Sore kemarin, Persebaya dengan gagah berani berhasil membawa pulang satu poin dari kandang Kalteng Putra. Bermain di kandang lawan, Persebaya unggul terlebih dahulu melalui Misbakhus Solikin, sebelum disamakan tim tuan rumah.

Banyak yang memperbincangkan wasit. Inilah potret sepak bola Indonesia.

Sabtu depan (30/9), Persebaya akan kembali berlaga. Pertandingan selanjutnya adalah menghadapi Persigo Semeru FC di Stadion Gelora Bung Tomo. Di babak 16 Besar, Persigo Semeru FC sama seperti Persebaya, mencatat satu kemenangan dan satu kali seri. Bahkan dalam dua game belum kebobolan. Dengan rekor kedua kubu yang belum terkalahkan di babak 16 Besar, pertandingan nanti tentu akan ramai.

Kembali ke partai di Stadion Tuah Pahoe, hasil seri patut disyukuri. Partai yang keras dan sempat terjadi protes yang dilancarkan pemain Persebaya. Kejadian ini hampir sama saat Green Force melakoni laga away ke Martapura pada babak awal Grup 5. Dua kali away ke Kalimantan, dua kali pula Persebaya gagal memetik kemenangan.

Terlepas dari hasil dua laga awal babak 16 Besar, hari ini, 26 September 2017, adalah batas akhir bursa transfer pemain. Akankah ada kejutan dari Persebaya? Ini patut ditunggu sampai malam ini. Sektor fullback baik kiri maupun kanan, serta sektor depan masih kekurangan pemain. Hal pernah diungkapkan Alfredo Vera beberapa waktu lalu.

Jika ingin mulus menuju babak 8 Besar, Persebaya wajib meraih kemenangan di dua laga home. Dan berusaha untuk tidak kalah di dua laga away sisa. Satu keuntungan lagi partai away melawan PSBS Biak dilakukan di GBT. Sementara untuk melawan Persigo Semeru FC kemungkinan akan digelar di Jember.

Jangan lengah. Persiapan dan keyakinan atas kekuatan sendiri harus tetap terjaga. Bonek sudah sangat total mendukung Persebaya. Tetap solid dan rendah hati. Tak ada gading yang tak retak. Tetap lakukan evaluasi apapun itu untuk kemajuan yang positif.