Persebaya vs Persigo Semeru FC: Menjaga Rekor di Gelora Bung Tomo

Persebaya. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Duel dua tim yang sama-sama sedang on fire akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (30/9) malam ini. Persebaya Surabaya akan menjamu tamunya Persigo Semeru FC dalam lanjutan matchday 3 babak 16 Besar Liga 2. Sebuah laga yang dipastikan akan sangat menarik karena kedua tim sama-sama belum terkalahkan di fase 16 Besar.

Tuan rumah Persebaya sedang dalam tren positif setelah mampu membawa pulang satu poin dari lawatannya ke kandang Kalteng Putra, empat hari lalu. Hasil satu angka di Palangka Raya membuat Bajol Ijo untuk sementara menempati posisi puncak klasemen Grup C. Sementara itu, tim peringkat 2 Persigo Semeru FC juga sedang dalam performa menanjak lantaran belum terkalahkan pada dua laga sebelumnya. Usai menang atas Kalteng Putra, tim berjuluk Lava Semeru itu sukses menahan imbang PSBS Biak di pertandingan kedua.

Semeru FC sendiri menjadi klub kejutan di babak 16 Besar. Tampil sebagai “muka baru”, klub asal Lumajang itu mampu menguasai persaingan babak penyisihan Grup 7. Skuad asuhan Putut Wijanarko itu secara mengejutkan mampu tampil sebagai juara grup, menyisihkan Madura FC dan Celebest Palu FC.

Pada fase penyisihan grup, Semeru FC mampu mengemas 8 kemenangan, 2 kali imbang serta 2 kali mengalami kekalahan. Tak hanya mampu menyabet posisi juara Grup 7, Nugroho Mardiyanto dan kawan-kawan juga menjadi klub dengan catatan mencetak gol terbanyak di Grup 7. Penampilan bagus ini pun berlanjut ke babak 16 Besar. Mencatatkan sekali kemenangan dan sekali imbang, Semeru FC juga mampu mempertahankan gawang mereka untuk tidak kebobolan.

Menghadapi tamu yang juga sedang dalam performa menanjak, konsistensi permainan Persebaya akan mendapatkan ujian sepadan di laga ini. Dalam pertandingan terakhir di kandang Kalteng Putra, Persebaya sudah menunjukkan kematangan permainan. Mendapat tekanan, baik secara teknis dan non teknis, Green Force mampu tetap tampil tenang dan membawa pulang satu poin.

Menjamu Semeru FC di kandang sendiri, Persebaya berupaya untuk mempertahankan keangkeran Stadion Gelora Bung Tomo. Dalam lima laga terakhir di GBT, Bajol Ijo mampu sapu bersih dengan lima kemenangan. Bahkan, Irfan Jaya dan kawan-kawan mampu mencetak total 9 gol dalam dua laga home terakhir. Ketajaman di kandang sendiri inilah yang akan menjadi modal berharga Persebaya untuk menyongsong laga malam nanti.

BACA:  Laga Akhir Pekan Persebaya Sepi Penonton

Tampil tajam dalam dua laga kandang terkini, Persebaya akan menguji lini pertahanan Semeru FC yang belum kebobolan di babak 16 Besar. Lini pertahanan Semeru FC memang tergolong kuat. Pada babak penyisihan grup lalu, Semeru FC hanya kemasukan 9 gol dari 12 laga. Kokohnya lini belakang Semeru FC tak lepas dari keberadaan bek berpengalaman Nugroho Mardiyanto, yang namanya pasti sudah tak asing lagi bagi publik Surabaya. Bersama pelatih Putut Wijanarko, Nugroho akan menjalani partai reuni menghadapi Persebaya. Pasalnya, Putut sendiri juga merupakan eks pemain Bajol Ijo di era 1990-an.

Tampil di kandang sendiri, Persebaya pastinya menargetkan poin penuh. Kemenangan pada laga malam nanti akan membuat posisi Persebaya di puncak klasemen Grup C semakin kokoh. Namun, meski lebih diunggulkan, Persebaya tetap harus mewaspadai tamunya Semeru FC. Apalagi, kondisi fisik punggawa-punggawa Persebaya baru saja terkuras usai melakoni partai away ke Palangka Raya. Motivasi ekstra Semeru FC pada laga malam nanti juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi Persebaya. Ketenangan, kemampuan mengontrol tempo permainan serta efektivitas memanfaatkan peluang akan menjadi faktor penting bagi Persebaya dalam misinya menjaga rekor kemenangan di Gelora Bung Tomo. (rvn/eka)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Persigo Semeru FC

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Andri Muliadi, Mochammad Irvan (B); Muhammad Hidayat, Misbakhus Solikin (C), Sidik Saimima (T); Irfan Jaya, Thaufan Hidayat, Ricky Kayame (D)

Persigo Semeru FC (3-5-2): Muhammad Pujianto (PG); Doni S., Fadel Mohammad, Nugroho Mardiyanto (B); Agil Pramono, Dhanu Syah Putra, Feri Firmansyah, Yogi Syaiful Rizal, Dwi Andika Cakra (T); Oni Rosandi, Kartanto (D)