Usai Tertahan Dua Jam, Bonek Berhasil Dipulangkan dari JSG

Bonek meninggalkan JSG menumpang angkutan yang disediakan pihak kepolisian. Foto: Iwan Iwe/EJ

EJ – Usai mendukung Persebaya melawan tuan rumah Persigo Semeru FC di Jember Sport Garden (JSG), Rabu (4/10), Bonek bergegas meninggalkan stadion. Polres Jember menyediakan angkutan seperti bus, truk untuk mengevakuasi Bonek yang akan menuju Surabaya. Bonek langsung menumpang angkutan-angkutan tersebut usai pertandingan selesai digelar.

Sebelum pertandingan, Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, mengumumkan lewat pengeras suara jika aparat kepolisian telah menyediakan angkutan untuk mengangkut Bonek yang tidak membawa kendaraan pribadi. Hal itu untuk mengantisipasi adanya tindakan kekerasan yang dikhawatirkan menimpa Bonek usai terjadinya insiden yang melibatkan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Jember menyediakan transportasi menuju Surabaya bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi. Meski telah memesan tiket kereta atau bus malam, kami anjurkan untuk menumpang kendaraan yang kami sediakan. Kami tidak menjamin keselamatan jika memaksa pulang sendirian dan terpisah dari rombongan,” ujar Kusworo yang disambut ribuan Bonek dengan tepuk tangan meriah.

Sayangnya, usai pertandingan berlangsung, Bonek tidak bisa langsung pulang meski sudah menumpang angkutan-angkutan yang disediakan. Informasinya, ada sekelompok massa yang berniat menyerang Bonek di JSG. Mereka dikabarkan membawa senjata tajam seperti parang atau samurai.

Di tengah situasi yang mencekam, ribuan Bonek harus tertahan di akses keluar stadion. Bahkan, para pemain dan ofisial Persebaya yang dipulangkan menggunakan bus, harus tertahan saat hendak menuju hotel. Mereka terpaksa kembali menuju stadion dengan jalan kaki. Hal ini untuk menghindari serangan massa yang dikabarkan sudah mendekati kompleks stadion.

Setelah dua jam tertahan, angkutan yang mengangkut Bonek dan ratusan kendaraan pribadi bisa bergerak keluar stadion. Angkutan-angkutan yang membawa Bonek terlihat bergerak secara beriringan melewati jalan-jalan menuju Surabaya. Nampak ratusan aparat kepolisian berjaga-jaga di pintu keluar. Penjagaan ketat juga terlihat di beberapa titik yang dianggap rawan di sepanjang perjalanan. Ribuan Bonek akhirnya bisa dipulangkan. (iwe)

BACA:  Ditahan Imbang Semeru FC, Persebaya Bawa Pulang Satu Poin
  • rosihan

    usaha utk memperbaiki diri dan berubah serasa sia2 karena dirusak oleh segelintir oknum bonek tak bertanggung jawab dan masih membawa sifat jahiliahnya…

  • Aba Gonzales

    sing sabar dulur