Format 8 Besar dan Calon Lawan Persebaya Jika Lolos

Persebaya. Foto: Ninda Sahriyani/EJ

EJ – Babak 16 besar telah memasuki pekan ke-5 yang menandakan babak akan segera berakhir. Beberapa tim dari empat grup terlihat memiliki peluang lolos yang cukup besar untuk melaju ke babak 8 besar.

Beberapa tim legendaris dan sarat prestasi masih bercokol di puncak klasemen grup nya masing-masing seperti Persis Solo, PSIS Semarang, dan Persebaya. Namun terlihat juga beberapa tim “kuda hitam” seperti Persibat Batang, Martapura FC, Kalteng Putra, dan Mojokerto Putra siap mengejutkan pecinta bola tanah air

8 Besar Menggunakan Sistem Home Tournament

Menurut Manual Regulasi Liga pasal 19 tentang peraturan teknik, babak 8 besar akan terbagi menjadi 2 grup yaitu grup X dan Y. 2 klub teratas masing grup berhak melaju ke babak 8 besar. Pada 8 besar ini tidak ada pengundian peserta melainkan sudah ditentukan oleh Manual Regulasi Liga bahwa:

Grup X terdiri dari:

  1. Juara grup A
  2. Runner Up grup B
  3. Juara grup C
  4. Runner Up Grup D

Grup Y terdiri dari :

  1. Runner Up grup A
  2. Juara Grup B
  3. Runner Up grup C
  4. Juara grup D

Seluruh grup akan menggunakan sistem setengah kompetisi atau hanya memainkan total 3 kali pertandingan di satu venue pertandingan (home tournament)

2 tim teratas peringkat grup X dan Y berhak melaju ke babak semifinal. Jika ada perolehan poin yang sama, untuk menentukan yang berhak melaju ke semifinal dilihat dari :

  1. Head to head (pertemuan kedua klub)
  2. Selisih gol
  3. Jumlah gol MEMASUKKAN
  4. Undian

Persebaya Berpeluang Besar Menghuni Grup X

Persebaya saat ini kokoh dipuncak klasemen grup C dengan raihan poin 8, 2 laga selanjutnya akan dimainkan di GBT dan kemungkinan Green Force menyapu bersih kemenangan 2 laga terakhir cukup besar. Jika mampu meraup 6 poin di 2 laga terakhir yang dimainkan di kandang, Persebaya akan lolos 8 besar dengan status juara grup C yang berarti menempati 1 slot di grup X.

BACA:  Inilah Klub-Klub Peserta Babak Delapan Besar

Kemungkinan besar lawan yang akan satu grup dengan Persebaya adalah Persis Solo yang masih kokoh di puncak klasemen grup A. Grup A yang terdiri dari Persis Solo, Cilegon United , PSPS Riau dan PSS Sleman ini terbilang cukup kompetitif karena semua kontestan masih berpeluang lolos hingga pekan ke 6.

Lawan selanjutnya yang kemungkinan berhadapan dengan Green Force pada 8 besar nanti adalah runner up grup B yang saat ini dihuni oleh Persibat batang. Namun PSMS Medan masih menempel ketat Persibat batang di posisi 3 dengan selisih 3 poin. Jadi kemungkinan runner up grup B akan diperebutkan oleh Persibat Batang dan PSMS Medan.

Lawan ketiga bajol ijo diwakili oleh runner up grup D yang saat ini ditempati Martapura FC dengan raihan 8 poin dan masih ditempel ketat oleh Mojokerto di posisi 2 dengan 6 poin. Masih ingat betul Martapura FC selalu memberikan perlawanan yang sengit bagi persebaya ketika bertemu di penyisihan grup. (eka)

Prediksi Grup X 8 Besar

  1. Persis Solo
  2. Persibat/PSMS Medan
  3. Persebaya
  4. Martapura FC/Mojokerto Putra