PSBS Biak vs Persebaya: Saatnya Menang dan Melangkah ke 8 Besar

Persebaya. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya akan melakoni pertandingan ke-5 babak 16 Besar menghadapi PSBS Biak, Minggu (8/10) sore ini di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Meski laga dihelat di Gelora Bung Tomo (GBT), namun pada laga kali ini Persebaya berstatus sebagai tamu. Hal ini karena PSBS Biak memilih GBT sebagai homebase mereka untuk menjamu Persebaya.

Berlaga di GBT walau berstatus tim tamu, jelas Persebaya tak memiliki pilihan lain selain menang. Misbakhus Solikin dan kolega membutuhkan kemenangan untuk memastikan satu tiket ke babak 8 Besar. Usai tertahan di Jember oleh Persigo Semeru FC, kini Persebaya berpeluang untuk memastikan langkah menuju fase 8 Besar. Peluang Persebaya untuk bisa meraih poin penuh pada laga sore nanti semakin besar karena di pertemuan pertama lalu Green Force mampu menang telak lima gol tanpa atas PSBS Biak.

Meski statusnya laga tandang, Persebaya mengusung motivasi ekstra tinggi dalam laga ini. Dua pertandingan terakhir dilalui tanpa kemenangan, pastinya punggawa-punggawa Green Force begitu merindukan rasanya menang. Pertandingan menghadapi PSBS Biak pun akan menjadi pelampiasan Persebaya yang di dua pertandingan terakhir hanya mampu meraih hasil imbang. Apalagi, Persebaya didukung rekor mentereng jika bermain di GBT.

Dari tiga pertandingan terakhir Persebaya yang digelar di GBT, Bajol Ijo mampu mencetak 13 gol tanpa pernah kemasukan satu gol pun. Persinga, PSBS Biak dan Persigo Semeru FC adalah korban dari 13 gol yang diciptakan Persebaya di Gelora Bung Tomo.

Jelang laga menghadapi PSBS, Persebaya kembali siap menurunkan tim terbaiknya. Oktafianus Fernando yang absen pada laga kontra Semeru FC akibat akumulasi kartu sudah bisa kembali dimainkan. Ricky Kayame yang pada pertandingan pertama menjadi inspirator kemenangan Bajol Ijo juga siap menjadi juru gedor di lini depan.

Laga sore ini juga bisa saja menjadi debut bagi dua muka baru Persebaya, yakni Rangga Muslim dan Said Marjan. Said sudah dibawa ke Jember pekan lalu, meskipun hanya menghuni bangku cadangan. Besar kemungkinan Said akan menjadi starter dalam laga ini, menggantikan peran Mochammad Irvan di posisi bek kiri. Sedangkan Rangga juga berpeluang menjalani laga perdana bersama Persebaya pada pertandingan menghadapi PSBS. Sebelumnya, nama Rangga tak disertakan dalam rombongan tim yang melawat ke Jember.

Sementara itu, PSBS Biak akan bermain nothing to lose dalam laga ini. Pasalnya, tim asal Biak itu sudah tak memiliki kepentingan lagi karena dipastikan gagal melaju ke babak 8 Besar. Baru mengoleksi satu poin, tim berjuluk Cendrawasih Kunging itu terdampar di dasar klasemen Grup C. Dari empat laga yang sudah dijalani PSBS Biak di babak 16 Besar, Delvin Taplo dan kawan-kawan hanya mampu mengoleksi satu. Usai kalah telak dari Persebaya pada pertandingan pembuka, PSBS sempat membuka asa ketika bermai imbang dengan Semeru FC. Namun setelah itu, penampilan PSBS kembali jeblok setelah dua kali menelan kekalahan telak dari Kalteng Putra baik di kandang maupun tandang. Situasi terpuruk yang sedang dialami PSBS inilah yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh Persebaya.

BACA:  Green Force Bintang Lima, Persebaya Pesta Gol

Kemenangan atas PSBS Biak pada laga sore nanti akan memastikan langkah Persebaya menuju babak 8 Besar. Tampil full team dan didukung langsung oleh Bonek di Gelora Bung Tomo, motivasi skuad Green Force pastinya akan berlipat. Namun meski begitu, PSBS tetap tak bisa diremehkan. Bermain tanpa beban, bisa saja PSBS justru tampil spartan. Pada pertemuan pertama lalu, PSBS sebenarnya tampil baik kala jumpa Persebaya. Hanya saja, gol pertama tuan rumah yang dicetak oleh Misbakhus Solikin membuat alur pertandingan menjadi berpihak pada Persebaya.

Menghadapi lawan yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik, Persebaya harus sebisa mungkin menguasai bola sejak menit pertama. Selain itu, para penyerang Green Force harus efektif memanfaatkan peluang yang ada. Kala menghadapi Semeru FC di Jember Sport Garden tengah pekan lalu, penyerang-penyerang Persebaya terlalu sering membuang peluang yang seharusnya berbuah gol. Meski tampil tajam tiap kali tampil di Gelora Bung Tomo, namun kesalahan-kesalahan dalam memanfaatkan peluang gol seperti yang terjadi kala jumpa Semeru FC lalu jelas tak boleh diulangi lagi. Sekarang saatnya menang dan memastikan langkah ke babak 8 Besar! (rvn)

Prakiraan susunan pemain PSBS Biak vs Persebaya

PSBS (3-5-2): Bagus Prasetiyo (PG); Donni Monim, Faizal Samberbori, Patrias Rumere (C) (B); Bryan  Muabay, Charles Rumbino, Delfin Rumbino, Jefri Kewoe, Paulus Hisage (T); Michael Rumere, Delvin Taplo (D)

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Said Marjan (B); Muhammad Hidayat, Misbakhus Solikin (C), Sidik Saimima (T); Irfan Jaya, Ricky Kayame, Rangga Muslim (D)