Persebaya vs Kalteng Putra: Tuntaskan!

Selebrasi Misbakhus Solikin usai menjebol gawang Kalteng Putra pada pertemuan pertama. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Laga tandang ke Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, di penghujung September lalu menjadi laga away yang tak akan dilupakan oleh Persebaya. Dijamu Kalteng Putra pada matchday 2 babak 16 Besar, Persebaya dengan susah payah mampu meraih satu poin usai menahan imbang tuan rumah dengan skor akhir 1-1. Bukan satu poin yang biasa karena diraih melalui drama menegangkan di ujung laga. Gagal menaklukkan Kalteng Putra di pertemuan pertama, Persebaya berkesempatan membayar kegagalan tersebut dalam laga pamungkas babak 16 Besar yang digelar akan di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (12/10) sore ini.

Meski sudah dipastikan lolos ke babak 8 Besar, Persebaya tetap menargetkan kemenangan pada laga ini. Pasalnya, kemenangan akan membuat Bajol Ijo keluar sebagai juara Grup C. Persebaya sendiri tengah memburu kemenangan setelah gagal menang dalam dua pertandingan terakhir. Pada dua partai sebelumnya, Rendi Irwan dan kawan-kawan hanya mampu meraih hasil imbang. Gairah Bajol Ijo untuk memenangkan laga semakin meninggi karena lini depan Persebaya sedang dalam sorotan setelah gagal mencetak gol dalam dua laga beruntun. Laga sore ini pun tak ubahnya menjadi laga pelampiasan bagi Persebaya.

Melakoni pertandingan penutup babak 16 Besar di kandang sendiri, Persebaya dibayangi rekor kandang mentereng. Dalam dua laga kandang terakhir, Persebaya mampu mencetak 9 gol tanpa pernah kemasukan sekalipun. Catatan kandang sempurna inilah yang coba dipertahankan Green Force kala menjamu Kalteng Putra.

Kala menghadapi PSBS Biak empat hari lalu, Alfredo Vera selaku juru taktik Persebaya membuat keputusan berani dengan melakukan rotasi tim inti. Kebijakan rotasi pemain tersebut memang membuat atmosfer kompetisi antar pemain di dalam tim menjadi lebih positif. Namun jika melihat hasil akhir laga, rotasi pemain yang dilakukan pelatih asal Argentina tersebut memiliki sisi negatif, yaitu tak maksimalnya performa Persebaya. Oleh karena itu, Alfredo pun pastinya tak akan main-main lagi pada laga kali ini.

Mengusung misi tiga poin sekaligus mengobati dahaga kemenangan, maka tak ada alasan lagi bagi Persebaya untuk tidak menurunkan skuad terbaik untuk menghadapi Kalteng Putra. Nama-nama seperti Fandry Imbiri, Abu Rizal Maulana, dan Misbakhus Solikin diprediksi akan kembali menghuni starting line-up usai dicadangkan pada pertandingan menghadapi PSBS Biak. Pemain anyar Rangga Muslim juga memiliki kesempatan untuk unjuk gig dalam laga ini. Sebelumnya, Rangga diberi kesempatan bermain sekitar 25 menit kala menghadapi PSBS. Meski belum menunjukkan performa terbaiknya, Rangga terlihat memiliki visi bermain yang cukup bagus. Sore ini, pemain yang diboyong dari PSIM Yogyakarta itu pun bepeluang memulai laga sejak menit pertama.

BACA:  Jadwal 16 Besar Sudah Keluar, Simak Kapan Persebaya Main

Pertandingan ini juga akan menjadi kesempatan bagi lini depan Persebaya untuk mengembalikan ketajamannya. Dua laga beruntun gagal mencetak gol, tentunya para penyerang Bajol Ijo penasaran untuk bisa menjebol gawang lawan. Ketika berhadapan dengan Semeru FC dan PSBS, penyerang-penyerang Persebaya mendapatkan rapor buruk. Kualitas finishing dan efektivitas memanfaatkan peluang membuat para juru gedor Persebaya mendapat sorotan. Menghadapi Kalteng Putra, lini depan Green Force pun dituntut tampil lebih tajam.

Sementara itu, sang tamu Kalteng Putra juga mengusung target menang pada pertandingan ini. Menempati posisi kedua di bawah Persebaya, posisi tim berjuluk Enggang Borneo itu belum aman karena masih berpotensi disalip Semeru FC. Jika pada laga ini Kalteng Putra kalah, sementara di tempat lain Semeru FC menang atas PSBS Biak, maka Kalteng Putra akan gagal melaju ke babak 8 Besar. Oleh sebab itu, skuad asuhan Kas Hartadi tersebut siap tampil ngotot pada laga ini.

Kalteng Putra sendiri kini tengah dalam performa stabil. Dari tiga pertandingan sebelumnya, Rivaldi Bawuo dan kawan-kawan mencatatkan dua kemenangan dan satu kali hasil imbang. Rekor laga away Kalteng Putra di babak 16 Besar pun juga berimbang, yakni satu kali menang dan sekali menelan kekalahan.

Apabila melihat target masing-masing tim, duel antara Persebaya menghadapi Kalteng Putra sore ini akan menjadi pertandingan yang menarik. Persebaya pastinya ingin menang karena tampil di kandang sendiri. Sedangkan Kalteng Putra juga memburu poin untuk mengamankan jatah satu tiket ke babak 8 Besar. Persebaya sendiri beruntung memiliki pengalaman mengalahkan sesama tim asal Kalimantan di GBT. Di atas kertas, sebagai tuan rumah Persebaya tentunya lebih diunggulkan dalam laga ini. Meski tiket 8 Besar sudah di genggaman, namun Persebaya memiliki misi lain untuk menuntaskan babak 16 Besar dengan sebuah kemenangan di rumah sendiri. Jadi, tak ada opsi lain bagi Persebaya selain memenangkan laga ini. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Kalteng Putra

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Andri Muliadi, Said Mardjan (B); Misbakhus Solikin (C), Muhammad Hidayat, Sidik Saimima (T); Oktavianus Fernando, Ricky Kayame, Rangga Muslim (D)

Kalteng Putra (4-3-3): Galih Sudaryono (PG); Bursanudin Ahya, Fauzan Nasrullah, Yus Arfandy (C), Yericho Cristiantoko (B); Ade Suhendra, Dennis Buiney, Muhammad Iqbal (T); Dominggus Kerewai, Muhammad Rais, Rivaldi Bawuo (D)