Ultah ke-2 EJ, Tetap Hadir Selama Persebaya Masih Ada

Awalnya hanya beberapa Bonek yang ngopi di sebuah warkop dekat Graha Pena yang memimpikan Surabaya punya sebuah media online yang khusus membahas Persebaya dan Bonek. Dua tahun berselang, media yang kemudian mereka dirikan menjadi salah satu referensi info-info terkini tentang Persebaya dan Bonek.

***

Emosijiwaku.com (EJ) lahir pada 16 Oktober 2015. Saat itu, Persebaya masih belum diakui PSSI. Namun, Green Force mulai bangkit dengan menggelar pertandingan uji coba melawan Persatu Tuban. Ini adalah pertandingan uji coba pertama setelah sekian lama vakum akibat konflik di tubuh PSSI.

Dengan semangat Bonek, kami mulai rajin membuat berita-berita tentang klub kebanggaan. Tak ada kemampuan jurnalisme mumpuni yang kami miliki saat itu. Tekad kami hanya satu: ingin menghadirkan berita-berita terbaru Persebaya yang bisa dibaca Bonek.

Sebelum EJ hadir, tak ada media khusus di Surabaya yang bisa dijadikan referensi tepercaya tentang Persebaya. Padahal kota-kota dengan klub-klub legenda seperti Jakarta, Bandung, Malang memiliki media-media khusus yang membahas klub-klub tersebut. Persebaya adalah klub besar. Tak sepantasnya jika di kota ini tak ada media khusus yang memberitakan sepak terjang klub pendiri PSSI itu.

Tekad tersebut menjadi bahan bakar bagi kami untuk tetap konsisten menghadirkan berita-berita setiap harinya.

Kami merasa beruntung karena Bonek menyambut baik media ini. Senang rasanya saat ada tanggapan baik pujian, saran, atau kritikan atas konten-konten yang kami sajikan. Itulah yang membuat jajaran redaksi EJ berusaha menampilkan konten-konten terbaik.

Tak terasa kini Persebaya sudah memasuki fase yang akan menentukan langkah mereka menuju Liga 1. Sesuatu yang bahkan tidak kami bayangkan di awal kelahiran media ini. Perjalanan Persebaya bisa dikatakan berjalan begitu cepat.

Saat ulang tahun EJ yang pertama, Persebaya masih dirundung banyak masalah. Tak ada satu pun yang membayangkan jika nantinya Persebaya akan menjadi salah satu klub tersehat di tanah air dengan manajemen profesional. Tapi faktanya memang demikian.

Di usia EJ yang ke-2, Persebaya semakin menunjukkan tajinya di kancah persepak bolaan tanah air. Meski masih harus melewati dua babak lagi menuju Liga 1, namun potensi Persebaya menjadi klub nomor satu di tanah air semakin kuat.

Tantangan buat EJ ke depan akan semakin banyak. Jika Persebaya naik ke Liga 1, tentu kebutuhan akan berita-berita Persebaya semakin tinggi. Apalagi jika nantinya Persebaya melakukan away ke seluruh wilayah di tanah air. Meski berat, EJ akan tetap berusaha menghadirkan berita-berita tentang Persebaya bahkan saat away.

Di Liga 2 ini, EJ selalu meliput langsung saat Persebaya bermain di kandang atau pun di luar kandang. Bantul, Ngawi, Madiun, Tuban, Pamekasan, Jember, dan Palangka Raya adalah kota-kota yang EJ datangi untuk liputan pertandingan away Persebaya di Liga 2 musim ini. Daftar kota itu pastinya akan terus bertambah. Meski demikian, EJ akan tetap berusaha untuk melakukan liputan langsung.

Kami berterimakasih kepada para pembaca yang selama ini setia mengikuti berita-berita dari EJ. Agar bisa lebih baik lagi, EJ tetap membutuhkan masukan dan kritikan yang membangun dari pembaca. Tak lupa kami mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini menjadi narasumber EJ seperti pemain, pelatih, manajemen Persebaya dan dulur-dulur Bonek.

Kami juga berterima kasih kepada para sukarelawan yang selama ini membantu EJ dalam melakukan semua peliputan. Juga orang-orang yang dengan bakat dan kemampuannya memberi kontribusi berupa konten-konten untuk pembaca EJ. Mereka adalah orang-orang yang mau mengeluarkan tenaganya secara sukarela demi Persebaya dan Bonek.

Namun, mimpi EJ ke depan adalah bagaimana kami mampu memberi gaji kepada orang-orang hebat itu. Karenanya EJ mulai serius membenahi sisi bisnisnya. Kami membuka EJ Store yang menjual merchandise dengan brand EJ. Kami juga membuka pendaftaran “EJ Membership Card” untuk orang-orang yang ingin membantu EJ melalui crowdfunding. Selain tentunya mengoptimalkan pendapatan dari iklan dan sponsor yang masuk.

Muaranya hanya satu, kami ingin selalu menghadirkan konten-konten terbaik dan bermutu tentang Persebaya yang bisa dinikmati Bonek secara cuma-cuma. Persebaya harus selalu diberitakan karena merupakan representasi dan jati diri Bonek.

EJ akan tetap hadir selama Persebaya masih ada. Itu tekad kami…

Facebook Comments