Persebaya vs PSPS Riau: Wajib Menang Demi Tiket Semifinal

Persebaya. Foto: Chandsoe/EJ
Iklan

EJ – Usai mengamankan tiga poin pada laga pembuka menghadapi PSIS Semarang, Persebaya akan kembali berhadapan dengan lawan tangguh pada matchday 2 babak 8 Besar. Sabtu (18/11) sore ini, Green Force sudah ditunggu oleh PSPS Riau yang saat ini memuncaki klasemen sementara Grup Y.

Tak hanya akan berebut puncak klasemen, laga Persebaya kontra PSPS Riau menjadi sangat penting karena pemenang laga ini akan memastikan diri melangkah ke babak semifinal lebih cepat. Apalagi, kedua tim sama-sama meraih kemenangan pada pertandingan pertama. Laga Bajol Ijo menghadapi Asykar Bertuah pun dipastikan akan berlangsung sengit.

Jelang laga berat menghadapi PSPS Riau, Persebaya sedang dalam atmosfer positif setelah mampu mengatasi PSIS Semarang di laga pertama, Rabu (15/11) lalu. Meski secara permainan belum konsisten selama 90 menit, namun kemenangan atas PSIS jelas membangkitkan motivasi punggawa-punggawa Persebaya.

Absennya Misbakhus Solikin yang sempat dikhawatirkan akan mengurangi kekuatan Bajol Ijo nyatanya mampu ditutupi oleh penampilan bertenaga Kurniawan Karman. Pun demikian dengan kembali tajamnya lini depan Persebaya. Irfan Jaya sudah kembali ke performa terbaik dengan mencetak satu gol ke gawang PSIS. Pada pertandingan menghadapi PSIS lalu, Irfan dan Rangga Muslim tampil bagus di sektor sayap dan sukses mengacak-acak pertahanan Mahesa Jenar. Keduanya diharapkan kembali bisa menunjukkan performa terbaik pada laga kontra PSPS Riau sore ini.

Iklan
BACA:  Baru Sehari, Jadwal Sudah Direvisi

Persebaya memang wajib tampil dalam performa puncak dalam pertandingan menghadapi PSPS Riau. Pasalnya sang lawan sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai menghempaskan PS Mojokerto Putra dengan skor 3-1. Sosok Herman Dzumafo Epandi tetap menjadi inspirator permainan PSPS Riau. Tiga gol ke gawang PS Mojokerto Putra adalah bukti betapa berbahayanya penyerang naturalisasi asal Kamerun tersebut.

Namun PSPS Riau bukan hanya tentang Herman Dzumafo seorang. Tim asuhan Marwal Iskandar tersebut masih memiliki sejumlah pemain potensial yang bisa saja menyulitkan Persebaya. Di lini tengah, PSPS memiliki Ichsan Pratama yang menjadi kreator serangan. Sementara di sektor sayap, ada nama Wazir Kahfi dan Frengky Kagayo. Dua nama terakhir merupakan penyuplai bola-bola matang ke arah Dzumafo.

Walaupun tampil kurang maksimal pada fase grup dan babak 16 Besar, namun PSPS Riau tetap menyimpan daya ledak yang bisa saja merusak persaingan di Grup Y. Terbukti, pada babak 16 Besar lalu, Dzumafo dan kawan-kawan secara dramatis mampu menyingkirkan tim unggulan PSS Sleman untuk lolos ke fase 8 Besar. Kini PSPS mengusung misi untuk membuat kejutan kala jumpa Persebaya di Gelora Bandung Lautan Api, sore nanti.

BACA:  Kondisi Persebaya Jelang Laga Lawan PSMP

Menghadapi tim yang juga sedang on fire, tak ada pilihan lain bagi Persebaya selain tampil prima sepanjang 90 menit. Dengan jarak pertandingan yang hanya tiga hari, tentu ini akan menjadi tantangan berat bagi Rendi Irwan dan kawan-kawan. Kemampuan menguasai tempo permainan dan efektivitas memanfaatkan peluang akan menjadi faktor penting jika Persebaya ingin kembali meraih poin penuh dalam laga ini. Kala jumpa PSIS, lini depan Bajol Ijo beberapa kali membuang peluang yang seharusnya bisa menjadi gol. Masalah ini tentu tak boleh diulangi lagi karena Persebaya wajib memburu kemenangan atas PSPS. Kemenangan berarti akan menjejakkan kaki Persebaya ke babak semifinal. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs PSPS Riau:

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Said Mardjan, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Mochammad Irvan (B); Abu Rizal Maulana, Kurniawan Karman, Rendi Irwan (C); Irfan Jaya, Rangga Muslim, Riky Kayame (D)

PSPS Riau (4-2-3-1): Gianluca Pandeynuwu (PG); Dendi S., Alfuad, Asep Budi, Leo Guntara (B); Viktor Pae, TH. Pangestu (T); Wazir Kahfi, Ichsan Pratama, Frengky Kagayo (T); Herman Dzumafo (D) (C)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display