Persebaya vs Martapura FC: Fokus Tuntaskan Misi!

Foto: Chandsoe/EJ
Iklan

EJ – Persebaya hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk bisa kembali ke pentas tertinggi sepak bola Indonesia. Sabtu (25/11) sore ini, Stadion Gelora Bandung Lautan Api akan menjadi saksi perjuangan Persebaya setelah melakoni perjalanan panjang di Liga 2 musim 2017. Meski statusnya pertandingan semifinal, namun laga menghadapi Martapura FC tak ubahnya laga final bagi Persebaya karena asa Green Force untuk promosi ke Liga 1 musim depan akan ditentukan di pertandingan ini.

Lolos ke semifinal sebagai juara Grup Y, Persebaya akan kembali bertemu dengan Martapura FC yang pernah dihadapi di babak penyisihan grup. Persebaya sendiri melangkah menuju semifinal dengan catatan impresif berupa tiga kemenangan di babak 8 Besar. Sapu bersih tiga laga Bajol Ijo itu masih ditambah rekor tak pernah kemasukan gol dari tiga pertandingan yang dilakoni Rendi Irwan dan kawan-kawan. Performa menanjak Persebaya ini tentu menjadi bekal berharga dalam laga penentuan menghadapi Martapura FC.

Setelah melakukan rotasi pemain pada pertandingan terakhir 8 Besar menghadapi PS Mojokerto Putra, skuad terbaik Persebaya kini siap tempur jelang laga semifinal kontra Martapura FC. Satu-satunya kendala Persebaya hanyalah kondisi terakhir Misbakhus Solikin yang baru saja pulih dari cedera otot tendon. Jenderal lapangan tengah sekaligus top scorer Persebaya itu terpaksa melewatkan babak 8 Besar karena masih harus mendapatkan perawatan khusus usai mengalami cedera. Meski sudah dinyatakan fit, namun peluang Misba untuk bermain di semifinal masih 50-50.

Apabila Misba masih disimpan, kemungkinan besar lini tengah Persebaya akan kembali diisi oleh trio Muhammad Hidayat, Kurniawan Karman dan Sidik Saimima, atau Rendi Irwan. Kurniawan Karman terbukti mampu menggantikan peran Misba pada dua pertandingan awal babak 8 Besar. Pun demikian dengan Hidayat. Tak bermain pada pertandingan menghadapi PSPS Riau dan PS Mojokerto Putra pastinya membuat metronom Persebaya itu dalam kondisi bugar.

Iklan
BACA:  Memakai Kruk, Misba Ikut Rayakan Persebaya Lolos Liga 1

Kondisi siap tempur juga dialami oleh lini depan Bajol Ijo. Rishadi Fauzi dan Yogi Novrian sudah kembali menemukan ketajamannya. Sementara Riky Kayame yang sempat mengalami cedera juga sudah siap dimainkan. Dengan kondisi punggawa-punggawa Persebaya yang siap tempur, tentunya hal ini akan memudahkan Angel Alfredo Vera untuk menentukan komposisi starting line-up terbaik.

Ujian mental laga krusial

Martapura FC jelas bukan lawan biasa bagi Persebaya. Pada fase penyisihan grup lalu, Persebaya dan Martapura FC saling mengalahkan. Kalah secara kontroversial di Demang Lehman kandang Martapura FC, Bajol Ijo membalas kekalahan tersebut ketika menjamu Martapura di Gelora Bung Tomo. Baik di Martapura maupun Surabaya, pertemuan keduanya selalu berlangsung dalam tensi tinggi. Mengingat laga kali ini adalah babak semifinal yang sangat krusial, tentu tensi pertandingan akan menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, pemain-pemain Persebaya harus siap mental ketika meladeni Martapura FC.

Sama seperti Persebaya, Martapura FC juga mengusung tren positif jelang semifinal. Pada pertandingan terakhir Grup X, skuad arahan Frans Sinatra Huwae itu mampu mengalahkan tim kuat Kalteng Putra sehingga membuat mereka lolos ke babak semifinal. Sebelumnya, Qischil Minny dan kolega secara mengejutkan juga bisa mengalahkan Persis Solo.

BACA:  Persebaya Anggap Laga Besok Seperti Final

Jika melihat hasil laga di fase penyisihan grup, Persebaya memang wajib mewaspadai Martapura FC. Di Liga 2 musim ini, Laskar Sultan Adam merupakan salah satu dari dua tim yang mampu mengalahkan Persebaya. Di atas kertas, kekuatan Persebaya dan Martapura FC seimbang. Namun pertandingan menghadapi Martapura FC tak hanya faktor teknis di atas lapangan saja. Diprediksi akan kembali berlangsung dalam tensi tinggi, pemain-pemain Persebaya harus sebisa mungkin menjaga fokus dalam pertandingan ini.

Ingat, Persebaya hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan tiket promosi ke Liga 1 musim depan. Harapan ribuan Bonek di seluruh penjuru dunia akan ada pada 11 pemain yang diturunkan oleh Alfredo Vera. Mentalitas dan fokus pemain di atas lapangan sekali lagi akan menjadi faktor penting pada laga krusial ini. Menanglah dan berjayalah, Persebaya! (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Martapura FC:

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Andri Muladi, Fandry Imbiri, Mochammad Irvan (B) Muhammad Hidayat, Kurniawan Karman, Rendi Irwan (C) (T); Irfan Jaya, Riky Kayame, Oktafianus Fernando (D)

Martapura FC (4-2-3-1): Juni Irawan (PG); Crah Angger, Wirabuana Prayogo, Agus Cima, Haris Hardiansyah (B); Uko Wahyu, Marshell Huwae (T); Reza Saputra, Rifan Nahumarury, Mustaqim Ohorella (T); Qischil Minny (D)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display