Bhayangkara FC: Selamat Datang Persebaya di Liga 1

Foto: Sulaiman Effendi for EJ
Iklan

EJ – Ucapan selamat atas kembalinya Persebaya ke kasta tertinggi sepak bola tanah air datang dari berbagai pihak. Salah satunya klub Liga 1, Bhayangkara FC. Klub yang punya “sejarah” dengan Persebaya ini mengucapkan selamat melalui akun twitter mereka, @bhayangkarafcid.

Bhayangkara pernah memakai nama Persebaya saat kompetisi Divisi Utama 2012. Klub ini dibentuk dari klub asal Kalimantan, Persikubar Kutai Barat. Setelah berkompetisi selama dua musim, klub yang terkenal dengan sebutan Persebaya DU ini bisa promosi ke ISL pada 2013. Saat itu, ISL masih menjadi liga sempalan. Sementara Persebaya bermain di liga resmi bernama Indonesia Premier League. Pesebaya terpaksa memakai nama Persebaya 1927 setelah pihak kepolisian melarang pemakaian nama yang sama dengan Persebaya ISL.

BACA:  Persebaya Hadapi Martapura FC di Semifinal

Dualisme Persebaya mengalami klimaks saat Persebaya yang bermarkas di Karanggayam mengajukan gugatan atas pemakaian nama dan logo ke Pengadilan Negeri Surabaya pada 2015. Karena masih dalam sengketa pengadilan, Persebaya yang ISL mengubah nama menjadi Persebaya United. Namun nama baru tersebut berubah lagi menjadi Bonek FC, kemudian Surabaya United, Bhayangkara Surabaya United, dan terakhir Bhayangkara FC.

Iklan
BACA:  Memakai Kruk, Misba Ikut Rayakan Persebaya Lolos Liga 1

Setelah Persebaya promosi ke Liga 1, kedua tim akan pertama kali bertemu di kompetisi resmi. Mengingat sejarah yang cukup panjang dan panas, rasanya pertandingan kedua tim layak ditunggu tahun depan. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display