Menebak Formasi Persebaya di Liga 1

Foto: Joko Kristiono/EJ

Persaingan Liga 1 musim 2018 akan berjalan sangat ketat. Sejumlah klub sudah mulai menyusun kekuatan dan terus melakukan pembelian pemain berkualitas. Sebut saja Barito Putra yang diasuh oleh Jacksen Tiago, Sriwijaya FC, dan juga Bali United. Klub seperti Persib Bandung bahkan mendatangkan Roberto Carlos Mario Gomez sebagai pelatih, pria asal Argentina yang baru saja membawa klub Malaysia Johor Dahrul Tahzim sebagai kampiun AFC Cup.

Persebaya juga tidak mau ketinggalan. Green Force mulai membentuk skuad untuk Liga 1 nanti. Sebanyak 17 pemain lama dipertahankan. Jika kuota tiap klub boleh memiliki 30 pemain, maka Green Force masih memiliki 13 slot yang belum terisi. Saat menjuarai Liga 2 lalu, tim ini memiliki 27 pemain.

Menunggu regulasi Liga 1 dan pengembalian TMS dari PSSI, Persebaya belum melakukan pembelian pemain asing. Alfredo Vera dipastikan akan tetap menjadi head coach dengan didampingi Esteban Busto. Saat ini, Alredo sedang berlibur ke Argentina. Dikabarkan juga, dia akan membawa seorang striker berusia 27 tahun dari salah satu klub Primera B Nacional, Liga 2-nya Argentina.

Dari 17 pemain yang sudah terikat kontrak, mereka adalah:

Kiper: Miswar Saputra, Dimas Galih

Belakang: Abu Rizal Maulana, Fandri Imbiri, M Syaifudin, Rachmat Irianto, Andri Muliadi, M Irvan Febrianto

Tengah: Sidik Saimima, Adam Maulana, Rendi Irwan, Misbakhus Solikin, Muhamad Hidayat

Depan: Irfan Jaya, Riky Kayame, Oktavianus Fernando, Rishadi Fauzi

Melihat komposisi jumlah pemain tiap posisi di Persebaya, masih dimungkinkan untuk dilengkapi. Baik sektor belakang, tengah, maupun depan. Untuk sektor kiper, jika mengacu regulasi musim lalu maka setiap klub diwajibkan mendaftarkan minimal 3 kiper. Slot untuk kiper ketiga di Persebaya sepertinya akan diisi oleh pemain lokal bukan pemain asing.

Sektor belakang dari nama-nama yang ada posisi full back menjadi kebutuhan paling utama. Karena di posisi tersebut hanya M Irvan yang murni menempati posisi full back kiri. Abu Rizal yang selama ini mengisi full back kanan sejatinya seorang gelandang. Sementara untuk posisi central back ada 4 pemain dengan kualitas merata. Rian atau Rachmat Irianto menjadi pemain termuda di posisi ini dengan usia masih 19 tahun.

Persebaya sangat perlu untuk menambah minimal satu pemain masing-masing untuk full back  kiri dan kanan. Sedangkan untuk central back  seperti banyak klub di Indonesia akan ada satu slot untuk pemain asing.

BACA:  Opsi Buat Pemain Persebaya, Dipertahankan, Dilepas, atau Dipinjamkan?

Penambahan pemain di posisi kiri dan kanan juga tengah sektor belakang ini juga bagus untuk atmosfir persaingan antar pemain. Persaingan Liga 1 lebih ketat. Juga ada kemungkinan akan ada Piala Indonesia. Butuh skuad yang dalam dan siap.

Di posisi pemain tengah, Persebaya saat ini juga banyak pemain muda. Hanya seorang Rendi Irwan yanng bisa dikatakan senior dan punya pengalaman banyak di level teratas kompetisi tanah air. Rendi adalah leader tim, pemain yang sangat dibutuhkan bukan hanya di dalam tapi juga di luar lapangan.

Ada juga Adam Maulana yang masih sangat muda dan belum mempunyai pengalaman banyak. Permainan Muhamad Hidayat yang sangat konsisten dan bagus harus juga bisa lebih berkembang saat Liga 1 nanti. Misbakus Solikin sampai saat ini masih dalam proses penyembuhan cedera. Solikin terakhir bermain saat partai terakhir babak 16 besar melawan Kalteng Putra. Butuh waktu untuk kembali ke bentuk permainan terbaiknya. Jika nanti regulasi pemain asing bisa empat pemain, maka sektor tengah bisa diisi dengan dua pemain. Juga bisa ditambah dengan pemain lokal yang minimal kualitasnya sama dengan pemain yang ada sekarang.

Alfredo Vera selama di Persebaya hampir selalu memasang tiga pemain depan. Untuk striker murni ada Rishadi Fauzi dan Riky Kayame. Dua pemain dengan beda tipe. Sementara di sektor sayap ada Oktavianus Fernando dan Irfan Jaya. Hanya ada empat pemain saat ini. Dari komposisi tersebut minimal sektor depan akan ada tiga pemain baru. Dengan dua pemain sayap dan satu striker. Untuk stiker bisa diisi slot asing menggenapi jika regulasi boleh memiliki empat pemain asing.

Mengacu pemain yang ada saat ini maka komposisi starting XI Persebaya musim depan adalah:

Jika Persebaya mempunyai empat pemain asing kemungkinan gambaran formasinya adalah:

Asumsi itu jika semua pemain asing (empat) bisa diturunkan bersama. Jika tidak maka salah satunya akan memulai dari bangku cadangan. Menarik ditunggu adalah siapa pemain asing yang akan masuk ke Persebaya musim depan? Siapapun dia jadilah sebagai pejuang dengan karakter Surabaya yang ada dalam tim. Tugas tim pelatih dan semua backroom staff untuk membuat pemain baru baik lokal maupun asing bisa menjadi “arek” Suroboyo.

Jayalah Persebaya!

Facebook Comments