Tiga Alasan Mengapa Persebaya Harus Memulangkan Andik Vermansah

14
Andik Vermansah. Foto: Tribunnews

Beberapa hari ini bursa transfer pemain di Indonesia mulai disibukkan dengan perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain. Persebaya sendiri seolah masih adem ayem dan hanya mengontrak sebagian pemain yang selama ini sudah menjadi bagian dari tim.

Banyak kalangan termasuk saya sendiri menginginkan gebrakan di bursa transfer tahun ini. Seperti kabar yang sudah beredar bahwa banyak bonek yang menginginkan Otavio Dutra kembali ke Persebaya, namun banyak juga yang menolak dengan berbagai alasan. Namun untuk pemain yang satu ini sepertinya bonek Ridho untuk bergabung di musim depan bersama Persebaya.

Ya, Andik Vermansah adalah salah satu talenta hebat yang dimiliki indonesia saat ini. Pemain langganan timnas ini bermain di Liga Malaysia setelah tim yang sebelumnya dibela mendapatkan sanksi dari PSSI. Sebenarnya sekelas Andik Vermansah pasti banyak klub Indonesia yang menginginkan jasanya. Namun hati Andik tak bisa dibohongi. Dia lebih memilih bermain di luar negeri ketimbang di dalam negeri.

Di beberapa media dia mengungkapkan bahwa cuma Persebaya alasan dia bermain di Liga Indonesia. Meskipun mungkin banyak klub Indonesia yang menggodanya untuk mendapatkan tanda tangan pemain lincah ini. Bahkan ketika kita lihat instagram Andik, yang banyak adalah para Bonek berkomentar menginginkan Andik main di Persebaya. Namun keputusan apakah Andik di Persebaya atau tidak semua tergantung keputusan manajemen.

Sebagai supporter saya jelas menginginkan Andik main di Persebaya. Tapi mungkin manajemen memiliki pandangan lain. Dan sebagai Bonek, saya juga punya pandangan-pandangan kenapa persebaya harus meminang Andik sekarang.

  1. Berada di Usia Emas

Saat ini Andik berada di usia emas. Dengan pengalaman yang dia miliki serta jiwa Persebaya yang masih melekat, tidak salah untuk menjadikan Andik bidikan utama Persebaya musim ini. Hal ini juga akan berefek ke transfer pengalaman ke pemain muda yang ada di Persebaya.

  1. Persebaya Butuh Pemain Sayap Yang Lincah dan Cepat
BACA:  Benahi Mental Anda atau Persebaya “Menthal”

Ada statement dari manajemen bahwa Andik tidak masuk dalam skema pelatih. Mungkin ini yang mengerti adalah tim pelatih Persebaya. Namun dari permainan Persebaya selama Liga 2 ini bisa disimpulkan bahwa Persebaya sangat mengandalkan permainan build up dari bawah lalu menusuk dari sektor sayap dengan cepat. Jadi perlu pemain-pemain sayap yang lincah dan cepat. Dan Andik bisa mengisi pos itu.

  1. Strategi Bisnis

Sepak bola kita sedang masa transformasi dari sepak bola tradisional menuju era sepak bola bisnis. Mungkin Andik harganya terlalu mahal untuk ukuran pemain di Indonesia, namun kedatangan Andik bisa juga memberikan pemasukan yang lebih kepada manajemen. Kita bisa belajar bagaimana strategi Real Madrid atau Manchester United dalam mendatangkan pemain bintang. Mungkin bagi orang awam harga Ronaldo ataupun Bale sangat mahal. Namun dalam hitungan bisnis itu akan terbayarkan. Dan terbukti dengan datangnya Ronaldo nilai pendapat El Real juga semakin meningkat.

***

Dari ketiga alasan tersebut mungkin tidak bisa mempengaruhi keputusan manajemen. Dan pasti akan menjadi pro kontra di kalangan Bonek itu sendiri “apakah perlu mendatangkan Andik”. Andai saya bisa memutuskan, pasti saya memulangkan Andik. (*)

Facebook Comments