Perseru vs Persebaya: Menjaga Peluang

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Usai ditahan imbang PS TNI di laga pembuka Grup C tengah pekan lalu, Persebaya akan menjajal kekuatan Perseru Serui pada pertandingan kedua Piala Presiden 2018, Selasa (23/1) malam ini di Gelora Bung Tomo. Menghadapi Perseru, Persebaya dihadapkan pada laga wajib menang demi menjaga peluang untuk lolos ke babak berikutnya.

Hasil imbang melawan PS TNI membuat langkah Persebaya sedikit tersendat. Apalagi, di pertandingan ketiga nanti Bajul Ijo masih harus bertemu Madura United yang dipertandingan pertama lalu menang telak atas Perseru. Oleh karena itu, laga menghadapi Perseru merupakan waktu yang tepat bagi Rendi Irwan dan kawan-kawan untuk mendulang tiga poin.

Jelang laga kontra Perseru, Persebaya mendapat tambahan tenaga dengan bergabungnya empat pemain baru, yaitu Arthur Irawan, Fandi Eko Utomo, Jossa Andika dan Stevano Pietersz. Dua nama terakhir merupakan pemain muda yang akan magang di tim utama Persebaya. Selain keempat pemain baru tersebut, Robertino Pugliara juga dikabarkan sudah bergabung.

Menghadapi Perseru, Alfredo Vera diprediksi akan melakukan beberapa rotasi pemain di skuad Green Force. Absennya Miswar Saputra akibat kartu merah saat laga menghadapi PS TNI bisa digantikan oleh Dimas Galih. Sedangkan di sektor depan, kurang efektifnya penampilan Rishadi Fauzi di posisi ujung tombak saat Persebaya bersua PS TNI membuat Ricky Kayame berpeluang tampil sejak menit pertama. Selain itu, kabar baik juga datang dari Misbakhus Solikin. Usai dibekap cedera, Misba sudah kembali fit dan siap dimainkan. Sebelumnya, playmaker Persebaya itu diturunkan sebagai pemain pengganti pada pertandingan menghadapi PS TNI.

Iklan
BACA:  Pelatih Perseru: Semua Pemain Persebaya Level Liga 1

Sementara itu, Perseru juga memburu kemenangan dalam pertandingan ini setelah kalah lima gol tanpa balas dari Madura United. Takluk di pertandingan pertama, klub berjuluk Cendrawasih Jingga itu bertekad untuk bangkit kala berjumpa Persebaya malam nanti.

“Kita target dapat poin besok. Karena kita tahu, Persebaya juga masih mencoba semua pemainnya. Laga akan berjalan seru besok, kita akan beri perlawanan,” ujar pelatih Perseru, Alexander Saununu, usai latihan di Stadion Brawijaya (22/1).

Meski berat, peluang Perseru untuk bisa lolos dari fase grup Piala Presiden memang belum sepenuhnya tertutup. Sama seperti Persebaya, Perseru menjadikan laga ini untuk meraih tiga poin pertama di gelaran Piala Presiden 2018.

Di kubu Perseru sendiri sebenarnya ada dua pemain yang sudah mengenal tim Persebaya. Dua punggawa Cendrawasih Jingga, yakni kiper Samuel Reimas dan gelandang Nerius Alom adalah bagian dari skuad juara Persebaya di Liga 2 musim lalu. Akan tetapi keduanya kemungkinan besar tidak bisa dimainkan dalam pertandingan ini karena terganjal klausul peminjaman dari Persebaya.

Tanpa Nerius Alom, Alexander Saununu selaku pelatih Perseru masih memiliki sejumlah pemain yang bisa diandalkan. Salah satunya adalah gelandang anyar Perseru asal Argentina, Ricardo Sendra. Sendra sudah dimainkan pada pertandingan pertama lalu. Namun ia belum menunjukkan performa maksimal. Laga menghadapi Persebaya bisa saja menjadi momen yang tepat bagi Ricardo Sendra untuk menunjukkan kualitasnya. Selain Sendra, nama lain yang wajib diwaspadai oleh lini pertahanan Persebaya adalah Yohanis Nabar yang biasa ditempatkan di posisi penyerang sayap kiri.

BACA:  Awalnya Takut Bonek, Feri Pahabol Malah Cetak Gol di Depan Bonek

Duel dua tim yang sama-sama memburu kemenangan ini tentunya akan berlangsung menarik. Perseru bertekad untuk menebus kekalahan telak pada pertandingan pertamanya. Dikenal sebagai tim yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik pemain-pemainnya, Cendrawasih Jingga bisa saja menyulitkan Bajul Ijo. Apalagi, penampilan lini belakang Persebaya juga belum meyakinkan.

Selain masalah lini belakang yang mudah ditembus seperti ketika menghadapi PS TNI, Persebaya juga memiliki masalah terkait kualitas penyelesaian akhir. Unggul jumlah peluang melawan PS TNI, Green Force harus puas dengan hasil imbang 1-1. Berkali-kali lini depan Persebaya membuang peluang yang seharusnya bisa berbuah gol. Menghadapi tim dengan gaya main seperti Perseru, Persebaya harus bermain lebih efektif. Kemenangan menjadi wajib bagi Persebaya jika ingin melangkah lebih jauh di Piala Presiden kali ini. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Perseru vs Persebaya:

Perseru (4-3-3): Annas Fitranto (PG); Indra Permana, Dominggus Fakdawer, Ata Geldiyew, Kevin Wopi (B); Makarius Suruan, Ricardo Sendra, Alba Serkadifat (T); Lukas Mandowen, Silvio Escobar, Yohanis Nabar (D)
Pelatih: Alexander Saununu

Persebaya (4-2-3-1): Dimas Galih (PG); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (B); Misbakhus Solikin, Rendi Irwan (C), Nelson Alom (T); Ferinando Pahabol, Ricky Kayame, Oktafianus Fernando (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display