Gol Tunggal Feri Pahabol Menangkan Persebaya

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Piala Presiden 2018 setelah pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup mampu mengalahkan Madura United dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan Persebaya dicetak oleh Feri Pahabol pada menit ke-29. Dengan kemenangan ini, Bajul Ijo pun keluar sebagai juara Grup C.

Menjamu Madura United dengan misi wajib menang, Persebaya langsung berinisiatif untuk menguasai jalannya pertandingan sejak awal laga. Namun usaha Green Force untuk menguasai laga menemui tembok pertahanan Madura United yang memberikan pressing tinggi sejak di lini tengah.

Persebaya membuka peluang di menit ke-25. Menerima umpan lambung Misbakhus Solikin dari sektor tengah, Rendi Irwan memperoleh ruang tembak terbuka di dalam kotak penalti Madura United. Namun tendangan terukur Rendi masih mampu diselamatkan oleh penjaga gawang Madura, Satria Tama.

Satu menit kemudian, Bajul Ijo kembali mengancam gawang Satria Tama. Berawal dari sepak pojok Misbakhus, Otavio Dutra melepaskan sundulan kepala yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Madura United. Namun lagi-lagi Satria Tama yang tampil gemilang mampu mementahkan peluang Dutra.

Iklan
BACA:  Irfan Jaya Ingin Persebaya Ulangi Hasil Final Liga 2

Usaha Persebaya baru membuahkan hasil pada menit ke-29. Feri Pahabol yang merangsek ke sisi kanan pertahanan Madura United melepaskan tembakan keras nan akurat yang tak diduga oleh Satria Tama. Tembakan Pahabol dari luar kotak penalti dan dari sudut yang cukup sempit berhasil merobek gawang Madura United. Persebaya pun memimpin 1-0 hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, Madura United yang ingin mengejar ketertinggalan memasukkan Greg Nwokolo dan Cristian Gonzales. Masuknya Greg membuat serangan Madura di sektor kiri menjadi lebih berbahaya. Beberapa kali Greg mampu menusuk pertahanan Persebaya. Namun lini belakang Green Force masih mampu mengamankan gawang Miswar Saputra.

BACA:  Wisnu Siap Jadi Ketua Panpel Persebaya di Liga 1

Menit ke-73, Persebaya nyaris menggandakan keunggulan melalui sepakan bebas Otavio Dutra jika saja tendangannya tak menyamping tipis di sisi kiri gawang Madura. Tiga menit kemudian, pemain anyar Persebaya Osvaldo Haay melepaskan tendangan jarak jauh yang membuat Satria Tama kerepotan.

Di penghujung laga, Riky Kayame yang masuk pada pertengahan babak kedua memperoleh peluang emas setelah mampu merebut bola dari kaki Munhar. Namun sayang, tendangan Kayame tidak menemui sasaran. Peluang Kayame tersebut sekaligus menjadi peluang terakhir pada pertandingan ini.

Dengan kemenangan ini, Persebaya berhasil memuncaki klasemen akhir Grup C dengan koleksi 7 poin dan berhak lolos ke babak perempatfinal. Menurut rencana, babak perempatfinal Piala Presiden 2018 akan digelar di Stadion Manahan, Solo pada tanggal 3-4 Februari mendatang. (rvn)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display