Sekilas tentang Piala Gubernur Kaltim II

Stadion Batakan Balikpapan, salah satu venue PGK II. Foto: Klikpenajam.com

EJ – Persebaya memastikan diri sebagai salah satu peserta turnamen pramusim Piala Gubernur Kaltim (PGK) II. Turnamen ini akan digelar 18-28 Februari mendatang dan dikuti delapan tim yakni Persebaya, Borneo FC, Mitra Kukar, Bali United, Persiba Balikpapan, Madura United, Arema FC, dan Sriwijaya FC.

“Kami putuskan untuk ikut mengambil bagian di turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur,” kata ujar Chairul Basalamah, manajer Persebaya seperti dikutip dari website Persebaya.

Diantara delapan tim yang diundang sebagai peserta PGK II, hanya Bali United yang belum memberi konfirmasi sebagai peserta. Bali United saat ini masih mengikuti turnamen Piala Presiden 2018 yang telah memasuki babak semifinal. Serdadu Tridatu juga mengikuti kompetisi AFC Cup dan mulai bertanding pertengahan Februari ini.

PGK II adalah turnamen berhadiah Rp 1,5 Miliar yang akan diselenggarakan di dua stadion yakni Stadion Palaran, Stadion Segiri Samarinda, dan Stadion Batakan Balikpapan.

Turnamen ini adalah edisi kedua setelah turnamen edisi pertama yang digelar pada 2016 untuk memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Timur ke-59. Saat itu, 9 klub ISL dan 2 klub spesial diundang sebagai peserta.

Klub-klub peserta PGK 2016 adalah Arema Cronus, Persija Jakarta, Persib Bandung, Sriwijaya FC, Semen Padang, Persipura Jayapura, Bali United, Pusamania Borneo FC, Persiba Balikpapan, dan Mitra Kukar. Sedangkan dua klub spesial yang dimaksud adalah PS TNI dan Pra PON Kaltim. Juara PGK I adalah Pusamania Borneo FC yang mengalahkan Madura United di babak final dengan skor 1-0.

Menurut panitia, turnamen ini rencananya akan disiarkan langsung oleh MNC TV. (iwe)

Facebook Comments