Menebak Formasi Persebaya di Piala Gubernur Kaltim 2018

Foto: Ervan Tria/EJ

Persebaya akan mengikuti turnamen pramusim keduanya musim ini setelah turnamen Piala Presiden yang hanya mencapai babak perempat final. Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 akan diikuti delapan klub yang dibagi menjadi 2 grup. Persebaya, Borneo FC, Mitra Kukar, Bali United, Persiba Balikpapan, Madura United, Arema FC, dan Sriwijaya FC adalah klub-klub yang menurut rencana berpartisipasi dalam turnamen ini.

Dalam beberapa keterangan di media cetak maupun elektronik, pelatih Alfredo Vera dan manajer tim Chairul Basalamah mengatakan timnya akan memberi kesempatan pemain yang kurang menit bermain dan pemain magang. Dengan makin dekatnya jadwal kompetisi resmi Liga 1, apa yang akan dilakukan Persebaya sangat tepat. Memanaskan semua pemain dalam atmosfir pertandingan.

Di Piala Presiden lalu ada banyak pemain yang belum pernah sama sekali turun lapangan baik itu pemain resmi, trial, maupun pemain berstatus magang. Nama-nama itu adalah Alfonsius Kelvan (kiper), Arthur Irawan, M Irvan Febrianto, Rachmat Irianto, M Syaifudin, Jossa Andika, dan Stevano Pieters (kiper). Juga beberapa pemain yang sempat turun tetapi hanya sebentar dan mempunyai sedikit menit bermainnya seperti Fandi Eko Utomo, Sidik Saimima, Osvaldo Haay, dan Adam Maulana. Sementara Andri Muliadi dan Muhamad Hidayat masih dalam keadaan sakit dan cedera.

Fandri Imbiri, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi adalah tiga pemain yang selalu bermain penuh dalam empat pertandingan yang dilakukan Persebaya. Total lama bermain mereka masing-masing 360 menit. Posisi kedua dan ketiga yang mempunyai lama waktu bermain adalah Nelson Alom dan Feri Pahabol masing-masing 345 dan 341 menit. Posisi yang selama ini rawan pengganti adalah sektor bek kanan. Hanya ada satu pemain yang sering dipasang yaitu Abu Rizal Maulana.

BACA:  Kejanggalan-Kejanggalan Laga Martapura FC vs Persebaya

Dari data itu sudah saatnya Alfredo memberi kesempatan pemain lain di posisinya untuk turnamen PGK nanti. Alfredo pasti sudah mengetahui kemampuan para pemain yang sudah banyak dimainkan di Piala Presiden. Saat di Kaltim nanti waktunya Alfredo mencoba pemain lain. Keuntungannya adalah pertama bisa menambah jam terbang dan atmosfir laga. Kedua bisa mencoba variasi pemain baru untuk persiapan kompetisi yang panjang. Juga persiapan untuk Piala Indonesia yang rencananya digelar di sela-sela kompetisi Liga 1 nanti.

Jika tidak ada penambahan pemain magang maka komposisi yang bisa dicoba Alfredo Vera menurut saya adalah:

Nama-nama seperti Arthur, Syaifudin, Rian, Irvan tentu sudah banyak belajar dari para seniornya di Persebaya untuk bisa tampil baik. Dengan posisi di bench ada Stevano Piters dan Jossa Andika sebagai pemain magang. Tentu saja selain pemain yang sudah sering bermain di tim utama.

Semoga di turnamen PGK nanti benar-benar dijadikan ajang memanaskan mesin para pemain dan mencoba berbagai variasi lain untuk tujuan utama adalah berprestasi di ajang Liga 1. Tugas tim pelatih dan manajemen adalah menjaga peak performance serta kebugaran setiap pemain untuk bisa meledak di kompetisi sesungguhnya. Karena darah Persebaya adalah darah juara.

Bagaimana menurut kalian?

Facebook Comments