Persebaya vs Sriwijaya FC: Kejar Juara Grup!

Irfan Jaya. Foto: Ervan Tria/EJ
Iklan

EJ – Duel dua tim yang sedang on fire pada gelaran Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 akan tersaji di Stadion Batakan, Rabu (28/2) malam ini. Persebaya yang baru saja memastikan satu tempat di babak semifinal usai mengalahkan Persiba Balikpapan, akan menantang Sriwijaya FC yang saat ini bertengger di puncak klasemen Grup B. Sama-sama sudah memastikan langkah ke babak semifinal, laga Bajol Ijo kontra Laskar Wong Kito menjadi laga penentu siapa yang akan menjadi tim terbaik dari Grup B.

Sempat disulitkan oleh Madura United di pertandingan pembuka, Persebaya menunjukkan mentalitas tangguh usai menaklukkan tim tuan rumah Persiba Balikpapan. Ketika mengalahkan Persiba dengan skor 3-1, Alfredo Vera menunjukkan kepiawaiannya melakukan rotasi pemain. Kali ini, taktik jitu pelatih asal Argentina tersebut akan kembali diuji oleh Sriwijaya FC yang merupakan salah satu tim unggulan pada ajang PGK 2018.

Berhadapan dengan Sriwijaya FC dalam duel perebutan status juara Grup B, Alfredo Vera dan seluruh skuat Persebaya menyatakan kesiapannya.

“Kami selalu bekerja untuk menang, bukan karena ingin menghindari tim lain. Tim ini selalu berusaha untuk menang,” ujar Alfredo usai pertandingan menghadapi Persiba, Senin (26/2) lalu.

Iklan

Laga menghadapi Sriwijaya FC malam nanti akan menjadi ujian mental bagi punggawa-punggawa Green Force. Pasalnya, tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut merupakan salah satu yang diunggulkan pada kompetisi Liga 1 musim 2018. Sederet bintang papan atas yang menghuni skuat Laskar Wong Kito membuat tim asal Palembang tersebut menjadi kandidat kuat untuk menjadi juara liga.

BACA:  Persebaya vs Persiba: Menanti Kepiawaian Alfredo Rotasi Pemain

Meski secara kualitas materi pemain Persebaya sedikit berada di bawah Sriwijaya FC, namun Bajol Ijo memiliki modal bagus untuk bisa mengejutkan Hamka Hamzah dan kawan-kawan. Rendi Irwan yang menjadi inspirator kemenangan Persebaya atas Persiba kembali akan menjadi andalan Persebaya. Visi bermain Rendi yang sudah mengoleksi dua gol di ajang PGK 2018 akan sangat berguna untuk membongkar tembok pertahanan Sriwijaya FC yang belum pernah kemasukan gol.

Di sisi sayap, Ferinando Pahabol dan Irfan Jaya akan menjadi tumpuan Bajol Ijo. Opsi lain, masih ada Osvaldo Haay yang sudah bergabung bersama tim atau Oktavianus Fernando yang diistirahatkan pada pertandingan sebelumnya.

Sedikit kendala yang dihadapi Persebaya jelang laga menghadapi Sriwijaya FC adalah belum padunya lini belakang. Dua gol yang bersarang ke gawang Persebaya di dua pertandingan sebelumnya selalu berawal dari buruknya komunikasi antar bek-bek Persebaya. Jika lini belakang Persebaya tampil di bawah standar, maka hal ini akan berbahaya karena lini depan Sriwijaya FC dihuni pemain-pemain berkualitas. Beto Goncalves, Adam Alis dan juga Manuchekr Dzalilov adalah pemain-pemain yang siap menghukum pertahanan Bajol Ijo jika Otavio Dutra dan kolega membuat kesalahan.

Selain memiliki lini serang yang berkualitas, kekuatan lain Sriwijaya FC adalah kokohnya tembok pertahanan mereka. Melakoni dua pertandingan, lini belakang Laskar Wong Kito yang dikomandoi Hamka Hamzah belum pernah menderita kebobolan. Duet Hamka dan Mamadou N’Diaye menjadi aktor utama di balik kokohnya pertahanan Sriwijaya FC.

BACA:  Kalahkan Sriwijaya FC, Alfredo Puji Penampilan Timnya

Menghadapi salah satu kandidat juara, tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Persebaya. Jika ingin melenggang ke semifinal PGK 2018 sebagai juara Grup B, Persebaya harus tampil dengan performa terbaik. Berkaca pada dua pertandingan sebelumnya, lini belakang Persebaya tak boleh lagi membuat kesalahan-kesalahan elementer. Sedangkan di lini depan, Rishadi Fauzi dan Irfan Jaya harus lebih efektif dalam memanfaatkan peluang.

Di atas kertas, Sriwijaya FC lebih diunggulkan pada pertandingan ini. Namun Persebaya bukannya tak memiliki peluang untuk membalikkan prediksi. Mentalitas tak kenal menyerah khas arek Suroboyo sudah mereka tunjukkan ketika mengalahkan Persiba. Jadi, bukan tak mungkin Bajol Ijo memberikan kejutan berikutnya kepada Sriwijaya FC. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Sriwijaya FC

Persebaya (4-2-3-1): Alfonsius Kelvan (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Nelson Alom, Sidik Saimima (T); Irfan Jaya, Rendi Irwan (C), Feri Pahabol (T); Rishadi Fauzi (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (PG); Marchko Sandy, Hamka Hamzah (C), Mamadou N’Diaye, Alfin Tuasalamony (B); Zulfiandi, Makan Konate, Sahriyan Abimanyu (T); Esteban Vizcarra, Beto Goncalves, Manuchekr Dzalilov (D)
Pelatih: Rahmad Darmawan

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display