Rekap Hasil Laga-Laga Pramusim Persebaya

Foto: Evan Tria/EJ

EJ – Sebagai persiapan jelang Liga 1 musim 2018, Persebaya mengikuti dua turnamen pramusim dari awal tahun hingga bulan Maret ini. Turnamen pramusim yang diikuti Persebaya adalah Piala Presiden 2018, di mana langkah Rendi Irwan dan kawan-kawan terhenti di babak 8 Besar. Selain Piala Presiden 2018, Persebaya juga mengikuti turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018 yang baru saja selesai digelar dengan hasil peringkat tiga untuk skuat Bajol Ijo.

Di sela-sela dua turnamen yang diikuti, Persebaya menggelar satu laga uji tanding menghadapi PSS Sleman dengan hasil kemenangan 4-1. Jika ditotal, selama tiga bulan masa pramusim, Persebaya melakoni 10 pertandingan. Sebagai rincian; 4 pertandingan di Piala Presiden, 1 kali uji coba menghadapi PSS Sleman, dan 5 laga di turnamen PGK 2018. Dari 10 pertandingan tersebut, Persebaya mencatatkan 6 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 1 kekalahan. Dengan catatan semua hasil pertandingan dihitung di waktu normal.

Piala Presiden 2018

Pada Piala Presiden kali ini, Persebaya tergabung di Grup C bersama PS TNI, Madura United dan Perseru Serui. Selama fase grup, Persebaya mencatatkan hasil impresif dengan tidak pernah mencatatkan kekalahan. Langkah skuat Green Force baru terhenti di babak 8 Besar oleh PSMS Medan melalui adu penalti setelah bermain imbang 3-3 di waktu normal.

Hasil Persebaya di Piala Presiden 2018:

vs PS TNI (1-1)
Gol: Feri Pahabol

vs Perseru (2-0)
Rishadi Fauzi, Irfan Jaya

vs Madura United (1-0)
Feri Pahabol

vs PSMS (3-3)
Irfan Jaya, Feri Pahabol, Nelson Alom

Uji coba vs PSS Sleman

Usai tersingkir dari Piala Presiden, Persebaya kemudian menggelar training center (TC) selama sepekan di Yogyakarta. Sebagai penutup rangkaian TC, Persebaya menjajal kekuatan PSS Sleman dalam sebuah laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman (17/2). Hasilnya, dengan starting XI yang diisi oleh pemain-pemain yang kurang mendapatkan menit bermain di Piala Presiden, Persebaya berhasil menumbangkan PSS Sleman dengan skor 4-1. Keempat gol Persebaya ke gawang PSS dicetak oleh Rishadi Fauzi (2 gol), Otavio Dutra dan Irfan Jaya.

BACA:  Kalah Beruntun, Rudy Eka Keluhkan Cuaca

Piala Gubernur Kaltim 2018

Piala Gubernur Kaltim 2018 menjadi turnamen terakhir yang diikuti oleh Persebaya dalam periode pramusim kali ini. Tampil apik di fase grup, langkah Persebaya harus terhenti di partai semifinal setelah takluk dua gol tanpa balas dari Arema FC. Persebaya pun menutup PGK 2018 dengan hasil peringkat tiga usai mengandaskan Borneo FC lewat gol tunggal Rishadi Fauzi.

Hasil Persebaya di Piala Gubernur Kaltim 2018:

vs Madura United (1-1)
Misbakus Solikin

vs Persiba Balikpapan (3-1)
Rishadi Fauzi, Rendi Irwan (2)

vs Sriwijaya FC (2-0)
Fandi Eko, Osvaldo Haay

vs Arema FC (0-2)

vs Borneo FC (1-0)
Rishadi Fauzi

Apabila dilihat dari hasil pertandingan selama pramusim, sebenarnya performa Persebaya tidaklah terlalu buruk. Apalagi, dari 10 pertandingan Persebaya mampu melesakkan 18 gol dan hanya kebobolan 9 gol. Catatan menarik, 18 gol yang dilesakkan Persebaya selama masa pramusim dicetak oleh sembilan pemain berbeda. Satu-satunya penyerang murni yang dimiliki Persebaya saat ini, yakni Rishadi Fauzi, menjadi top scorer pramusim dengan torehan 5 gol. Selain Rishadi, dua winger Bajol Ijo yaitu Ferinando Pahabol dan Irfan Jaya juga tampil tajam dengan masing-masing mencetak 3 gol.

Hasil laga-laga pramusim ini tentu bisa menjadi gambaran kekuatan Persebaya di Liga 1 2018. Dari hasil pramusim ini pula, Alfredo Vera selaku juru taktik Green Force bisa mengetahui apa yang kurang dari tim ini.

Pekerjaan rumah terbesar Alfredo Vera adalah memperbaiki kualitas penyelesaian akhir para juru gedor Bajol Ijo. Selain itu, kebutuhan Persebaya akan sosok penyerang tajam juga semakin mendesak. Dengan kemungkinan kick off Liga 1 2018 diundur sampai dengan akhir Maret, Alfredo Vera masih memiliki cukup waktu untuk melakukan evaluasi terhadap tim. Sehingga penampilan Persebaya benar-benar mencapai peak performance ketika masuk ke liga nanti. (rvn)

Facebook Comments