Bonek Card, antara Subsidi dengan Program Loyalitas

Bonek mendaftar Bonek Card. Foto: Yosia Reborn for EJ
Iklan

Masih menarik untuk menelaah sekali lagi perkataan dari pentolan suporter yang masih mengakui kita sebagai tetangganya, bahwa Bonek itu disubsidi oleh Persebaya dalam hal menonton pertandingan.

Arti kata subsidi yang saya kutip dari wikipedia adalah sebagai bentuk bantuan keuangan yang dibayarkan kepada suatu bisnis atau sektor ekonomi. Maka jelas bahwa bila Persebaya mensubsidi Bonek, berarti Persebaya memberikan sejumlah bantuan keuangan terhadap Bonek.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Persebaya tidak pernah memberikan bantuan keuangan apapun kepada suporternya, Bonek, baik home ataupun away. Ketika masuk stadion pun mereka membayar memakai uangnya sendiri untuk membeli tiket masuk stadion ataupun untuk transportasi ke tempat away-nya.

BACA:  Kabar Baru Persebaya Bernama Osvaldo Haay

Kembali ke Bonek Card…

Iklan

Bonek Card menurut saya adalah suatu bentuk loyalitas suporter kepada timnya, Persebaya. Terlepas dari banyaknya diskon dan keuntungan yang akan didapatkan bila kita mendaftar Bonek Card, itu bukanlah subsidi yang diberikan oleh persebaya kepada suporternya.

Itu adalah sebuah benefit lebih yang diberikan oleh tim kepada suporternya atas kerelaannya membeli tiket di awal musim. Meski kita tidak akan pernah mengetahui halangan apa yang akan terjadi pada saat pertandingan itu digelar.

BACA:  Sepak Bola dan Perdamaian Dunia

Seperti yang kita ketahui, sistem Bonek Card tidak akan bisa diwakilkan ataupun tidak bisa memilih pertandingan. Bila tidak bisa menonton pertandingan itu, maka dengan otomatis akan hangus jatah untuk pertandingan tersebut.

Maka, lebih layak Bonek Card itu saya sebut sebagai bentuk loyalitas suporter kepada teamnya,persebaya, bukan subsidi yang diberikan oleh Persebaya kepada suporternya, Bonek. (*)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display