Status Amido Balde di Liga 1 2019 Aman

Amido Balde. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Banyak pertanyaan dari pendukung Persebaya terkait status Amido Balde di Liga 1 2019. Sebelumnya ramai diberitakan jika mantan pemain Celtic tersebut tidak sah membela Persebaya di kasta tertinggi sepak bola nasional. Pasalnya, klub terakhir yang dibelanya berasal dari Liga Libya yakni Al Nasr.

Dalam aturan di Liga 1 musim lalu, pemain yang membela klub di Liga Libya tidak masuk dalam kualifikasi liga dari Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) yang diizinkan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

BACA:  Persebaya Diliburkan Hingga 19 April, Balde Pulang Kampung

Apakah status Balde tidak sah? Sebelum ke Al Nasr, ia membela klub Albania Kukesi dan mencatatkan 8 kali penampilan dengan 2 gol. Di Al Nasr, Balde tidak bermain sama sekali. Menurut sumber EJ, ia mengalami masalah kontrak dengan Al Nasr.

“Di Libya gak deal karena masalah kontrak. Balde gak main sama sekali,” ujar sumber EJ yang tak mau disebutkan namanya itu.

Iklan

Menurutnya, Balde sempat datang ke Libya tapi karena ada masalah kontrak ia tidak jadi bergabung. Di laman Wikipedia, memang tidak ada keterangan berapa kali Balde bermain di Al Nasr.

BACA:  Cedera Hamstring, Amido Balde Absen Tiga Pekan

Merujuk hal itu, status Balde seharusnya aman karena bisa dibilang ia terakhir tercatat membela tim dari Liga Albania yang diizinkan oleh regulasi PT LIB. Namun semua mesti menunggu regulasi terbaru dari operator liga terkait aturan pemain asing di Liga 1 2019. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display