93 Tahun Persebaya untuk Bonek dan Masyarakat Surabaya

Foto: Joko Kristianto/EJ
Iklan

Selamat ulang tahun Persebaya! Ya, begitulah kalimat pembuka untuk tulisan kali ini. Tidak terasa memang, sudah 93 tahun Persebaya malang melintang dalam lika-liku kompetisi di Indonesia. Ragam prestasi pun sudah banyak ditorehkan. Mulai dari era perserikatan, hingga saat ini Persebaya berlaga dalam kompetisi kasta tertinggi Liga 1 Indonesia. Lalu sampai akhirnya Persebaya dikenal sebagai klub yang besar serta melegenda. Belum lagi antusiasme suporternya yang luar biasa, Bonek dan Bonita yang juga sebagai bagian dari masyarakat Surabaya.

Namun, tulisan kali ini bukan hendak membahas perihal bagaimana superioritas Persebaya dalam perjalanan kompetisi sepak bola di Indonesia. Persebaya memang memiliki banyak prestasi dalam ranah persepakbolaan di negeri ini, namun apakah lingkup pergerakan Persebaya hanyalah dalam ranah sepak bola saja? Pernahkah Persebaya memiliki kegiatan non sepak bola dan itu mampu memberikan manfaat bagi Bonek dan masyarakat Surabaya?

Persebaya memang hebat dalam urusan sepak bola. Namun apabila kita menganggap Persebaya hanyalah sebatas sepak bola, maka kita salah. Jika kita coba melihat ke belakang, maka sudah banyak sekali event yang diadakan Persebaya yang ditujukan kepada Bonek dan masyarakat Surabaya. Tidak ada pengecualian khusus sebenarnya bagi siapa yang ingin ikut dalam event-event yang diadakan oleh Persebaya. Karena Bonek sendiri merupakan masyarakat Surabaya. Bahkan ternyata, Bonek juga bukan sebatas masyarakat Surabaya, banyak sekali Bonek yang asalnya bukan dari Surabaya. Ada yang di luar kota, luar pulau, bahkan sampai luar negeri.

Intinya adalah bahwa Persebaya bukan hanya bergerak dalam ranah persepakbolaan saja. Klub ini mampu membuat rangkaian acara yang ditujukan untuk masyarakat Surabaya dan Bonek. Bahkan apabila kita lihat, event yang diadakan oleh Persebaya mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Iklan
BACA:  Motivasi dari Persebaya

Contoh saja salah satu event yang berkesan adalah “Hujan Boneka di GBT”. Di mana nantinya boneka yang terkumpul akan dibagikan kepada para penderita kanker. Dalam laman instagram Persebaya, terlihat senyum dari pasien kanker yang diberi boneka, hasil dari event yang diadakan Persebaya. Tidak lupa para Bonek dan Bonita yang banyak sekali memberikan boneka mereka. Event ini adalah wadah kepedulian warga kepada saudaranya yang sedang berjuang melawan kanker.

Di samping sebagai wadah kepedulian, event ini justru juga bisa menjadi pendorong kepedulian warga terhadap sesama nya. Lalu ada juga event Bonek Fair. Suatu event yang dijadikan sebagai tempat, atau wadah kreatifitas segenap Bonek dan Bonita sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan para punggawa Persebaya Surabaya. Dalam event ini, Bonek bisa menunjukkan bakat-bakat mereka, mulai dari bernyanyi, koreografi, dan banyak hal lainnya. Kalau dilihat, memang ini adalah salah satu upaya untuk memfasilitasi keinginan Bonek untuk berubah menjadi semakin baik, juga untuk menghapus stigma negatif terhadap Bonek.

Ada juga event Green Force Run 2020. Event lari maraton bagi Bonek dan masyarakat Surabaya. Mencetak masyarakat ideal yang sehat secara jasmani dan rohani. Lalu event kerja bakti di GBT pada tanggal 8  November 2019. Event ini dihadiri oleh banyak Bonek dan Bonita. Mulai dari menyapu, mengecat ulang, menanam tumbuhan, dan banyak lagi. Event ini, disamping dapat melatih pola hidup yang bersih, namun juga mampu menjadi ajang silaturahmi pula antar sesama Bonek. Bekerja bersama, saling membantu satu sama lain.

BACA:  93 Tahun sebagai “93netik Pembeda”

Itulah beberapa event yang diadakan Persebaya, di mana event ini merupakan event non sepak bola. Kalau biasanya, klub sepak bola mengadakan event yang berkaitan dengan acara sepak bola-nya. Misal saja nobar, event promo jersey, giveaway tiket stadion, dan lain-lain. Namun Persebaya tidak hanya seperti itu, dari serangkaian kegiatan di atas tadi, kita bisa melihat bahwa Persebaya juga memiliki kontribusi dalam perubahan masyarakat Surabaya ke arah positif, perbaikan. Khususnya Bonek dan Bonita.

Kita sudah sepatutnya bangga terhadap klub bernama Persebaya ini, karena Persebaya dapat menjadi angin segar bagi perubahan masyarakat ke arah yang positif. Kini Bonek tidak dikenali sebagai suporter yang anarkis, hobi tawuran, nyolong gorengan, dan citra negatif lainnya. Dan kelak, apabila masyarakat Surabaya, khususnya Bonek dan Bonita menjadi lebih baik lagi serta sudah bisa benar-benar menghilangkan citra negatifnya, maka Persebaya juga berhak untuk tersenyum bahagia karena kontribusi yang diberikan terhadap masyarakat Surabaya dan juga Bonek dan Bonita.

Dirgahayu Persebayaku, jangan lelah untuk ikut berkontribusi terhadap kemajuan dan kebaikan masyarakat Surabaya, Bonek dan Bonita. Ini bukan tentang 93 tahun mu. Tapi ini adalah tentang perjalanan tim Persebaya Surabaya serta kontribusi positif kepada para pendukungnya. Sekali lagi, selamat ulang tahun Persebaya Surabaya. (*)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display