Bonek dan Pengaruh Terhadap Persebaya

Pasca pertandingan, ada banyak tindakan Bonek yang melanggar hukum yang berakibat pada dilarangnya Persebaya bertanding dengan suporter kebanggaan mereka. Mungkin ini ditujukan untuk memberi efek jera kepada para oknum suporter supaya tidak terjadi pengulangan aksi pelanggaran hukum.

Namun masalahnya, tidak hanya Bonek yang mengalami kerugian. Pihak penyelenggara pun juga tidak mendapatkan hasil penjualan tiket, dan tidak berhenti di situ saja, karena Persebaya juga harus membayar denda. Adapun pada saat liga satu 2018, Persebaya menerima denda sampai pada nominal satu milyar. Sehingga banyak media yang mengatakan Persebaya sudah tidak berhak mendapatkan hadiah dari hasil juara liga dua di tahun kompetisi yang sebelumnya, karena total denda itu sudah setara dengan hadiah juara liga dua. Kerugian ini tidak dikarenakan tim Persebaya, namun juga tidak sepenuhnya salah dari Bonek.

BACA:  Selamat Hari Anak Nasional, Boncil!

Dari pembahasan singkat di atas, sebenarnya kita dapat melihat bahwa Persebaya dan Bonek memiliki hubungan interaksi yang saling memberikan pengaruh. Terutama yang paling kelihatan adalah dari pihak Bonek yang memberi pengaruh kepada Persebaya dan yang paling mencolok adalah dari sisi ekonomi.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel