Menunggu Kepastian Izin Kompetisi Musim 2021

Iklan

EJ – Batal. Setelah melewati beberapa bulan penuh ketidakpastian secara resmi akhirnya kompetisi sepak bola musim 2020 dibatalkan.

Melalui rapat Exco PSSI yang diselenggarakan hari Rabu (20/1) salah satu keputusannya adalah membatalkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

Dibatalkannya kompetisi adalah karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi Covid-19. Keputusan rapat Exco kedua adalah  tidak ada juara dan tidak ada degradasi. Kemudian peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

”Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasnya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iklan
BACA:  Bruno Masih Absen, Persebaya Pertanyakan Transparansi Komdis PSSI

Sementara Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan sebelum keputusan Exco PSSI ini, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan klub-klub Liga 1 dan 2 melalui virtual meeting.

”PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,” imbuhnya.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menambahkan dalam virtual meeting itu, klub Liga 1 dan 2 rata-rata menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan. ”Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka menginginkan musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,” ujar Sudjarno.

BACA:  Persebaya Kirim Surat Permohonan Revisi Jadwal ke PSSI

Selain itu klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan agar PT LIB sudah mengantongi izin dulu dari Mabes Polri, sehingga klub akan lebih mudah untuk mempersiapkan musim kompetisi 2021

Menanggapi keputusan Exco PSSI, Persebaya melalui menejer tim Candra Wahyudi tetap akan menunggu izin terkait kompetisi 2021.

“Paling tidak keputusan ini memberikan kepastian soal status kompetisi. Tidak lagi mengambang seperti beberapa bulan terakhir”kata Candra Wahyudi dikutip dari Koran Jawapos (21/01).

“Sebelum bicara kompetisi 2021, PSSI harus memastikan izin dulu. Jangan sampai berlarut-larut dalam ketidakpastian seperti musim lalu.Sebelum ada jaminan izin dari pihak berwenang,jangan memberi angin surga kepada klub” tambah Candra.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display