Persebaya vs Persik Kediri : 1 Kartu Merah 7 Kartu Kuning

Akbar Firmansah dalam kawalan Andri Ibo dan OK John/Foto : Official Persebaya
Iklan

EJ – Derby Jatim di Piala Menpora 2021 antara Persebaya dan Persik Kediri Selasa (23/3) di Stadion Si Jalak Harupat Bandung berlangsung keras. Hasil akhir laga dimenangkan Persebaya dengan skor 2 – 1.

Rizky Ridho menjadi pemain pertama pada gelaran turnamen pramusim ini yang menerima kartu merah. Dua kartu kuning pada menit ke-8 dan ke-35 dari wasit Agus Fauzan Arifin membuat Ridho keluar lapangan.

Bermain dengan 10 pemain sejak menit 35 babak pertama Persebaya menarik Ady Setiawan menjadi posisi bek tengah bersama kapten tim Rachmat Irianto. Meskipun kalah jumlah pemain,permainan anak asuh Aji Santoso bisa mengimbangi lawannya.

Babak pertama tidak menghasilkan gol. Persik unggul dulu melalui Andri Ibo menit 63 setelah Alwi Slamat tangannya menyentuh bola di kotak penalty. Setelah kemasukan gol Aji Santoso menarik keluar Oktafianus Fernando dan Hambali Tolib. Mereka digantikan oleh Rendi Irwan dan Ricky Kambuaya pada menit 65.

Iklan

Hanya dua menit setelah masuknya Rendi dan Kambuaya, Persebaya mendapatkan tendangan penalty menit 67. Kerjasama bagus diawali umpan pendek lambung ke Ricky dan akhirnya Andri Ibo menjegal Ricky yang menuju gawang. Samsul Arif striker anyar Persebaya dengan sangat percaya diri sukses menjadi algojo. Gol ini terus membangkitkan semangat anak-anak Persebaya.

BACA:  Pembelian Tiket Online Dari Bonek Untuk Persebaya

Kontribusi Samsul jugalah yang menjadikan Persebaya mendapatkan penalty kedua pada laga ini. Samsul dengan kecepatan dan instingnya di kotak penalty berhasil mencuri bola dari kejaran OK John. Saat bola di kaki Samsul mantan bek Persebaya ini menjegalnya dari belakang. Kembali Samsul mengeksekusi penalty ini pada menit 71. Dan menjadikan keungulan 2 – 1 ini menjadi skor akhir laga.

Total ada satu kartu merah dan tujuh kartu kuning pada laga ini. Rizky Ridho dengan dua kartu kuning dan menjadikan kartu merah. Satu lagi adalah M Hidayat. Empat pemain Persik yang mendapatkan kartu kuning adalah Dany Saputra, Vava Mario Zagalo, Ahmad Agung Setia Budi dan Kresna Bayu Otto Kartika. Pada laga ini juga menjadi debut pemain muda yakni Akbar Firmansah menjalani debut senior. Selain Akbar pemain muda lainnya yang turun adalah M Kemaludin mantan EPA U20 Persebaya.

BACA:  Surabaya 729 Game : Persebaya vs Persis Solo

Seusai laga dikutip dari laman resmi Liga Indonesia Baru, Aji Santoso menginstruksikan anak-anak asuhnya tetap bermain normal dan tenang ketika Rizky Rido diusir wasit di babak pertama.

“Ketika Rizky Ridho mendapatkan kartu merah saya menarik ke belakang posisi Ady yang sebelumnya kami menggunakan 4-2-3-1 menjadi 4-4-1, saya sampaikan kepada anak-anak agar lebih tenang, saya sampaikan ke pemain jangan terlalu nervous meski kita kalah orang,” jelas Aji.

“Setelah babak pertama masuk ruang ganti saya memberi instruksi kepada pemain untuk tenang dan bermain dengan ciri Persebaya satu-dua sentuhan bola bawa, terbukti di babak kedua dengan 10 pemain kami justru menguasai jalannya pertandingan,” tambahnya.

Persebaya akan menjalani laga kedua Grup C ini menghadapi Madura United pada hari Minggu 28 Maret 2021. Pada laga ini Rizky Ridho dipastikan akan absen karena kartu merah yang diterimanya.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display