Rilis Bonek Tentang Aset Sejarah Persebaya

Iklan

EJ – Kabar mengejutkan dating dari Wisma Persebaya Jalan Karanggayam pada Kamis (26/8) siang tadi. Terjadi perusakan dalam gedung yang masih menjadi sengketa ini.

Di dalam gedung terlihat banyak sekali pecahan kaca dari lemari piala, kusen pintu yang hilang dan AC ruangan juga hilang. Kejadian ini membuat wakil wali kota Ir. Armuji mendatangi lokasi. Belum diketahui kejadian tersebut terjadinya.

“Kita akan amankan asset sejarah Persebaya”kata Armuji sesaat setelah menerima pemain Persebaya Putri di halaman Taman Surya.

Sore harinya petugas Satpol PP Kota Surabaya memindahkan semua barang untuk diamankan di gedung Stadion Gelora 10 Nopember.

Iklan

Sementara itu bonek juga merespon kejadian ini dengan mengeluarkan rilis “Selamatkan Sejarah Persebaya Dari Sengketa Karanggayam”

Salah satu perwakilan bonek Tulus Budi mengatakan bahwa ini adalah untuk menyelamatkan identitas.

“Menyelamatkan sejarah adalah menyelamatkan identitas. Yang kita lakukan tidak hanya menyelamatkan sejarah panjang Persebaya, tapi juga menyelamatkan identitas kita sebagai arek Suroboyo”kata Tulus.

BACA:  Aji Santoso : Perjuangan Pemain Sudah Sangat Maksimal

Berikut rilis yang redaksi terima :

SELAMATKAN SEJARAH PERSEBAYA DARI SENGKETA KARANGGAYAM

Salam Satu Nyali,

Atas nama sejarah, kejayaan, dan kebanggaan. Legasi abadi Persebaya Surabaya HANYA nama besar, sejarah panjang, dan kesetiaan mereka yang mencintainya.

Menyikapi Wisma Persebaya di Jalan Karanggayam yang saat ini dalam kondisi memprihatinkan sehingga dilakukan pemindahan aset-aset sejarah, pencapaian dan kejayaan Persebaya Surabaya oleh Pemerintah Kota Surabaya, kami dari SAVE PERSEBAYA NOW! dengan ini memohon dan mendesak kepada Pemerintah Kota Surabaya dan PT Persebaya Indonesia untuk:

  1. Menjelaskan status, data, dan keberadaan aset-aset sejarah, pencapaian dan bukti kejayaan Persebaya Surabaya tersebut, sekaligus memberikan jaminan keamanan dan keterawatannya selama penyimpanan.
  2. Mendorong kepada kedua belah pihak dengan didasari itikat baik untuk menyelamatkan aset-aset sejarah, pencapaian dan bukti kejayaan Persebaya Surabaya tersebut dimulai dengan menginventarisir dan mendokumentasikan hingga tersimpan di tempat yang aman dan terawat baik.
  3. Jika terjadi beda pendapat, mengedepankan duduk bersama dan menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi, karena yang menjadi objek sengketa adalah tanah Wisma Persebaya/Karanggayam tidak termasuk piala, tropi, photo dokumenter, piagam maupun aset-aset sejarah, pencapaian dan bukti kejayaan Persebaya Surabaya tersebut.
  4. Menghimbau dan memastikan pihak-pihak yang tidak berhak menguasai artefak dari Wisma Persebaya/Karanggayam segera mengembalikan aset-aset sejarah, pencapaian dan bukti kejayaan tersebut kepada Persebaya Surabaya.
BACA:  Piala Menpora : Marselino Ferdinan Jadi Pemain Termuda Persebaya

 

Dalam proses pendataan dan pemindahan aset-aset tersebut, kami dari SAVE PERSEBAYA NOW! siap untuk bekerjasama membantu dalam kegiatan inventarisir dan dokumentasi.

Demikian pernyataan sikap serta permohonan kami, semoga bukti-bukti kejayaan Persebaya Surabaya dapat diselamatkan, terjaga hingga dapat menjadi warisan sejarah bagi generasi yang mendatang. Persebaya merupakan bagian sejarah kota Surabaya yang tidak terpisah. Keduanya menjadi satu bagian dalam pembentukan identitas kota dan budaya di Surabaya, khususnya dalam dunia sepak bola tanah air.  Menyelamatkan sejarah Persebaya adalah menyelamatkan (salah satu) identitas Surabaya.

WANI!

Surabaya, 26 Agustus 2021

SAVE HISTORY of PERSEBAYA NOW!

 

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display