Pernyataan Sikap Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia

Sarasehan Suporter Sepakbola Indonesia di Jakarta/Foto : PSSI
Iklan

EJ – Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia menyampaikan pernyataan sikap atas kondisi sepakbola nasional yang terjadi saat ini. Pernyataan sikap ini dirumuskan dan disepakati pada Sarasehan Suporter Sepakbola Indonesia yang diadakan di Jakarta pada Rabu dan Kamis (16 -17 November 2022).

Anggota Presidium Nasioanal Suporter Sepakbola Indonesia, Sadat mengungkapkan Forum ini terdiri dari perwakilan suporter sepakbola dari beberapa klub Liga 1 dan Liga 2 di seluruh Indonesia. Forum ini lahir sebagai bentuk kecintaan pendukung sepakbola Indonesia terhadap nasib liga yang saat ini berhenti bergulir.

“Kami menyampaikan rasa belasungkawa sebesar-besarnya terhadap seluruh korban Tragedi Kanjuruhan Malang, 01 Oktober 2022 yang lalu serta Melihat kondisi sepak bola belakangan ini, kami ikut prihatin karena berlarut-larutnya upaya pengusutan tuntas kasus Kanjuruhan Malang, serta matinya sepak bola nasional,” kata Sadat.

Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia pun menyampaikan pernyataan sikapnya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudian Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Iklan

Pernyataan sikap tersebut berisi dorongan kepada 4 (Empat) orang tersebut agar pengusutan Tragedi Kanjuruhan yang berlarut-larut secepatnya  diselesaikan secara tuntas tanpa pandang bulu. Hal tersebut penting dilakukan agar Liga yang terhenti menjadi cepat bergulir dengan normal tanpa ada yang merasa terluka.

Jika tidak, maka Presidium Suporter Nasional Sepakbola Indonesia akan menggelar aksi serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia pada Jumat, 25 November 2022.

“Bila pernyataan kami ini tidak direspon dalam jangka waktu 7 hari kedepan, maka kami Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia akan menggelar aksi serentak di seluruh Kota/Kabupaten di seluruh  Indonesia,” kata Sadat.

Terdapat 6 (enam) point yang menjadi tuntutan sikap Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia, sebagai berikut:

  1. Usut tuntas Tragedi Kanjuruhan tanpa pandang bulu
  2. Mendorong percepatan kompetisi sepak bola Indonesia bergulir dengan normal
  3. Hilangkan arogansi aparat terhadap suporter
  4. Kenyamanan supporter di stadion, verifikasi stadion, pengaturan kapasitas (tiket)
  5. Percepatan transformasi sepakbola nasional dengan melibatkan perwakilan suporter
  6. Percepatan Implementasi terkait UU No 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan

Jubir Presidium: Sadat +62 852-5677-0234

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display