Pernyataan Sikap BWF atas Maraknya Aksi Kriminalitas Gerombolan Beratribut Persebaya

EJ – Aksi penyerangan gerombolan berbaju Persebaya kepada warga Semarang menimbulkan keprihatinan. Bukan sekali saja, aksi kekerasan dialami warga lokal saat ada pertandingan tandang Persebaya. Yang membuat miris, aksi kriminalitas juga makin marak mengiringi laga away. Rentetan aksi tersebut jelas merugikan Persebaya dan Bonek. Ijin pertandingan susah turun dan Bonek yang murni ingin mendukung Persebaya tidak diterima di mana-mana.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, juga ikut geram atas aksi-aksi kriminalitas dari gerombolan beratribut Persebaya ini. Eri meminta polisi bertindak tegas dengan menangkap para pelaku kriminal.

“Tindakan tegas diperlukan karena mereka yang berbuat kriminal sejatinya bukanlah Bonek, melainkan pelaku kriminal yang ke sana ke mari hanya untuk mengambil keuntungan pribadi dengan mengatasnamakan Persebaya dan Bonek,” tulis Eri di akun Instagramnya.

Bonek Writers Forum (BWF) salah satu forum bonek yang berisikan para penggiat literasi  juga ikut menyampaikan keprihatinan dan berharap  permasalahan ini cepat selesai. Merespons pernyataan Eri Cahyadi yang menginginkan agar aparat bertindak tegas, maka BWF mengeluarkan pernyataan sikap:

 

  1. Mendukung langkah Wali Kota Eri Cahyadi untuk memberantas aksi kriminal yang mengatasnamakan suporter dan memakai atribut Persebaya.
  2. Mendesak polisi bersikap tegas kepada gerombolan beratribut Persebaya yang terbukti melanggar hukum. Polisi bisa melakukan tindakan tegas terukur di tempat kepada para kriminal agar memunculkan efek jera.
  3. Meminta manajemen Persebaya untuk tidak memberikan kompromi (no dapur umum, no layar lebar saat away, no angkutan murah) kepada gerombolan yang terbukti melakukan tindakan kriminal.
  4. Meminta komunitas-komunitas Bonek untuk tidak melindungi para pelaku kriminal meski memakai atribut Persebaya.
  5. Meminta Bonek untuk menggelar rapat akbar dan menyatukan sikap atas maraknya aksi kriminalitas yang dilakukan gerombolan beratribut Persebaya.
  6. Mendesak Bonek untuk menghentikan tradisi estafet karena rentan disusupi Boling (Bondho Maling) untuk berbuat kriminal.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat. Besar harapan kami agar masalah ini segera teratasi. Mari kita jaga marwah Persebaya dengan memerangi Boling. (*)

Bonek Writers Forum (BWF)

Surabaya, 16 Februari 2023

Email: bonekwriterforum@gmail.com

Kontak: 08121766215

 

 

Komentar Artikel