Babak I: Belum Ada Gol Tercipta di Gelora Ratu Pamelingan

Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya mampu menahan Madura United di babak pertama semifinal leg kedua Piala Presiden 2019. Meski diserang Laskar Sape Kerrab sepanjang babak, Persebaya mampu menjaga gawangnya dari kebobolan. Green Force mendapat satu peluang emas tendangan Manuchekhr Dzhalilov di akhir babak. Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan (6/4) itu berakhir dengan skor kacamata di babak pertama.

Tertinggal agregat gol, para pemain Madura langsung mengambil inisiatif menyerang sejak peluit pertama dibunyikan. Beto Goncalves mendapatkan peluang pertama on target menit pertama. Sundulan hasil umpan David Laly berhasil diamankan Miswar Saputra.

Pemain Persebaya masih kesulitan keluar dari tekanan permainan tuan rumah. Madura hampir saja mencetak gol pada menit ke-8. Sebuah blunder dari Dutra mampu dimanfaatkan Aleksandar Rakic. Bola liar ditendang keras Zah Rahan. Beruntung, Miswar mampu menepisnya.

Serangan bertubi-tubi pemain Madura terus mengalir dari semua sisi lapangan. Andik Vermansah yang bermain sejak awal mendapatkan tendangan ke gawang menit ke 16. Anak asuh Djadjang Nurdjaman sesekali menyerang balik melalui Osvaldo dan Dzhalilov namun belum menghasilkan peluang.

Kerja keras duet Hansamu dan Dutra menutup gawang Miswar berhasil menahan gempuran Beto, Rakic yang disokong Zah Rahan di tengah. Beberapa kali terjadi duel bola udara di depan Miswar. Permainan semakin cepat dan keras. Menit 20 akselerasi Andik dihentikan Hidayat yang menghasilkan kartu kuning untuk Hidayat. Pada menit yang sama, Dzhalilov juga terkena kartu akibat melakukan protes kepada wasit.

Persebaya baru mendapatkan peluang pada menit ke 33. Satu sundulan Balde hasil umpan Dutra masih melambung tinggi. Sebelumnya ada dua tendangan bebas dari Lizio yang belum juga menghasilkan peluang. Pada menit ke-39, Dzhalilov dijatuhkan Zulfiandi di kotak penalti. Namun wasit tidak menganggap itu sebuah pelanggaran. Bola yang masih berjalan dimanfaatkan pemain Madura untuk melakukan serangan balik melalui Andik. M Syaifuddin berhasil menggagalkan umpan silang Andik dengan sundulan.

Lima menit terakhir Persebaya mulai menyerang. Dzhalilov kembali mencetak peluang emas. Bola tendangan datarnya berhasil diblok kiper M Ridho dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Peluang terakhir Persebaya dari tendangan bebas menit akhir. Bola tendangan Lizio masih gagal dimanfaatkan Balde. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol. (bim)

Komentar Artikel