Lawan Persija Yang Belum Terkalahkan, Persebaya Akan Bermain Menyerang 

David da Silva membawa bola menuju kotak penalti Arema FC. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya Surabaya akan berhadapan dengan Persija Jakarta dalam babak final Piala Gubernur Jatim (PGJ), Kamis (20/2/2020) esok di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tim tamu datang dengan rekor belum pernah terkalahkan.

Musim ini Persija sudah empat kali menjalani laga pramusim. Kebetulan, keempat laga tersebut diperoleh lewat ajang Piala Gubernur Jatim.

Persija menang 4-1 di laga pertama PGJ atas Persela Lamongan (11/2), kemudian unggul tipis 1-0 melawan Sabah FA (13/2) serta imbang 1-1 melawan Arema FC (14/2). Di babak semifinal, Macan Kemayoran juga mampu mengalahkan Madura United dengan skor 2-1 (17/2).

Total, Riko Simanjuntak cs mampu meraih 3 kali kemenangan dan 1 kali hasil imbang selama turnamen PGJ. Itu lebih baik dari catatan Persebaya yang mencatatkan 3 kali kemenangan dan sekali kalah.

Nah, pelatih Persebaya, Aji Santoso mengakui jika Persija tampil cukup apik selama pra-musim. Beberapa pemain baru seperti Marco Motta, Otavio Dutra, Evan Dimas atau Alfath Faathier mampu memberikan warna baru bagi permainan Persija.

Selain itu, beberapa pemain lama seperti Riko dan Marco Simic tetap menjadi kekuatan utama dalam tim. Aji pun waspada dengan pergerakan pemain-pemain tersebut.

“Persija banyak pemain bintang, banyak pemain bagus sekarang kesana. Dengan materi seperti itu saya kira pertandingan besok (Kamis) bakal berjalan ketat,” kata Aji.

“Ada beberapa pemain yang jadi catatan saya, walaupun saya tetap tidak menggunakan taktik man to man marking. Mungkin salah satunya Simic yang harus kami perhatikan,” tambahnya.

Akan tetapi, Aji masih percaya diri dengan skuad yang dimiliki. Pelatih asal Kepanjen, Malang itu menegaskan akan tetap menampilkan permainan menyerang sesuai dengan ciri khas Persebaya.

“Saya akan menggunakan sepak bola menyerang, walaupun juga harus memperkuat pertahanan,” ucapnya. “Memang tidak mudah untuk mengalahkan Persija, tapi peluang kami masih sangat terbuka lebar,” tambah pelatih 49 tahun itu.

Aji memang wajar optimis. Meski harus terkendala karena absennya lima pemain belakang, tapi seluruh pemain depan Persebaya siap untuk diturunkan. 

Trio pemain asing Makan Konate, David da Silva dan Mahmoud Eid dalam kondisi cukup fit jelang lawan Persija. Itu masih didukung dengan pemain-pemain lokal berkualitas seperti  Irfan Jaya, Hambali Tholib atau Riky Kambuaya.

Tidak ada satupun pemain depan Persebaya sedang dalam kondisi cedera atau absen. “Saya sangat yakin tim saya punya kualitas,” tandas Aji optimis. (riz)

Komentar Artikel