Mengapa Brand Anda Harus Punya Website?

Dipersembahkan oleh:

Sahabat Bonek, Anda baru saja membangun brand untuk produk baru? Sudahkah brand anda memiliki website? Jika belum, ayo buat website sekarang, banyak keuntungan yang anda dapatkan terutama dari segi promosi. Ingin tahu apa saja keuntungan yang akan anda dapat dari membuat website? Simak yuk, artikel berikut ini.

Sebagai Portal Informasi Brand

Tahukah anda, sesuatu paling candu di era global selain uang, adalah informasi. Terkadang informasi lebih berharga dibandingkan uang. Jika anda memiliki brand baru dan ingin mencapai target penjualan (uang), anda harus memberikan informasi terkait brand tersebut. Informasi dalam bisnis adalah ibarat pintu utama menuju tidakan pembelian. Bagaimana orang bisa mencari tahu tentang brand anda jika tidak ada akses/portal informasi menuju brand tersebut? Apalagi, jika brand anda terhitung baru di pasaran. Brand baru tentu masih asing di telinga masyarakat, untuk itu penting membuat website. Website adalah cara jitu untuk menjejalkan informasi sebanyak-banyaknya dan sejelas mungkin mengenai brand anda. Informasi bisa berupa jenis produk, kegunaan, manfaat, keunggulan dibanding produk lain, dan sebagainya. Melalui website, informasi dapat dipertukarkan secara responsif. Anda berlaku sebagai penyedia informasi, sedangkan masyarakat adalah penerima informasi sekaligus pengambil keputusan. Siapapun yang penasaran dengan brand anda, mereka akan mencarinya di mesin pencari atau tautan yang anda bagikan. Selain itu, jika brand anda memiliki sosial media khusus, anda dapat memberikan tautan internal yang diarahkan langsung ke website anda. 

Komunikasi interaktif

Kotak komentar, live chat, dan form kontak adalah beberapa cara komunikasi melalui website. Komunikasi dapat anda jalin baik itu dengan klien/konsumen maupun rekan-rekan anda. Website memberikan fasilitas kolom komentar untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Di kolom tersebut, mereka dapat menyampaikan kritik, saran, pertanyaan, hingga testimoni terkait brand anda. Sedangkan live chat dapat ditambahkan jika perusahaan menyediakan customer serviceLive chatmempermudah komunikasi calon pelanggan yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang produk/brand anda. Layanan customer service seperti ini menjadi nilai tambah dari sisi pelanggan.

Brand Awareness

Telah disampaikan pada poin sebelumnya bahwa awareness dapat diraih melalui informasi yang kita sebarkan. Tahukah anda mengenai piramida terbalik marketing komunikasi? Brand awareness adalah elemen paling awal dari piramida tersebut, sedangkan tahapan paling akhir marketing komunikasi adalah brand loyalty. Di tengah keduanya terdapat brand knowledge dan perceived quality, tingkat dimana konsumen mengetahui lebih dalam kegunaan serta kualitas brand. Singkatnya, brand loyaltyatau loyalitas konsumen terhadap brand tidak akan terwujud jika mengabaikan tingkat brand awarenessdimana informasi adalah bahan bakar utamanya.

Kredibilitas brand meningkat 

Anda ingin brand yang baru saja anda bangun dapat memenangkan perhatian masyarakat? Meskipun tidak dengan cara singkat, hal itu dapat terwujud. Caranya? Buatlah website! Punya website sama artinya brand anda akan meningkat kredibilitasnya. Orang tak akan ragu mempercayakan kebutuhannya pada brand anda. Dengan memiliki website, eksistensi brand anda di pangsa pasar akan bertahan lama. Tidak akan ada istilah sepi pengunjung jika usaha anda telah di-online-kan. Yang lebih luar biasa lagi, jika website anda memiliki ekstensi nama domain internasional. Tenang, Qwords sebagai penyedia web hosting dan nama domain ternama di Indonesia dapat membantu anda.

Menaikkan Traffic karena Search Engine

Anda dapat memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) untuk dapat bersahabat dengan search engine. Mengapa perlu bersahabat dengan search engine seperti Google? Apabila SEO anda baik, cepat, tepat, dan relevan, maka Google akan menunjukkan website anda di halaman utama. Ada dua kategori pencarian di Google yakni pencarian organik yang gratis dan tidak diperkuat oleh iklan, serta pencarian anorganik yang berbayar dan diperkuat oleh iklan. Jika SEO anda baik, maka Google akan memunculkan website anda di halaman awal. Anda tidak perlu bayar untuk mengiklankan website anda. Hal ini sangat menguntungkan terutama untuk menaikkan traffic website.

Memahami Pola pelanggan

Keuntungan membuat website berikutnya, anda dapat memahami pola aktivitas pelanggan di website anda. Anda dapat memonitor produk apa saja yang sering diakses oleh pelanggan, seberapa banyak website anda diakses dalam seminggu, serta dapat mengetahui dari mana mereka mengetahui brand anda.

Jangkauan Target Market Luas

Memang tak perlu diragukan lagi kemampuan dari jaringan internet. Semua bentuk online marketing akan merasakan kemudahan dari segi jangkauan target market. Sekali anda upload materi ke website, calon konsumen dari manapun dapat anda jangkau. Calon klien di seluruh dunia dapat mengaksesnya. Tenang, kontrol tetap ada di tangan anda apabila anda hanya menargetkan konsumen lokal. Jika dibandingkan dengan strategi promosi konvensional, tentu akan jauh berbeda.

Strategi Marketing Variatif

Online marketing memang tak ada matinya. Berbeda dengan hard selling secara tatap muka, strategi promosi melalui internet dinilai lebih ampuh dan variatif. Cara-cara unik dapat anda adopsi dan praktekkan setiap saat. Ingat, hard selling memang jitu, namun cara soft selling dan engaging dengan klien jauh lebih awet dan jangka panjang. Jika sudah memiliki website, anda bebas membangun creative campaign yang bermacam-macam untuk meningkatkan awareness brand anda. Contohnya, kuis terkait brand, lomba, promo/diskon, voucher, dan sebagainya yang terpusat pada satu platform yakni website.

Go Online, Go International

Selain kemudahan yang ditawarkan oleh situs online, mempublikasikan brand melalui website artinya Go International. Hmmm, menggiurkan bukan? Sudah siap brand anda diakses seluruh orang di penjuru dunia? Tak hanya itu, di dalam negeri anda turut menyukseskan program pemerintah menciptakan ekosistem ekonomi digital.

Sahabat Bonek, sudah tahu program terbaru dari pemerintah Satu Juta Domain .ID? Kemkominfo memberikan website siap pakai dengan domain berekstensi .id GRATIS selama satu tahun. Program pembiayaan meliputi biaya domain, hosting, dan pendampingan/bimbingan kepada calon pengelola website. Pemerintah bekerjasama dengan perusahaan web hosting salah satunya Qwords untuk membantu terlaksananya program. Pendaftaran dapat dilakukan melalui daftarhosting.id, untuk cara daftar dan keterangan lebih lanjut baca di sini. UKM/Organisasi/Sekolah/Komunitas anda belum punya website? Kami siap beri gratis!

Komentar Artikel