Persibo, Mantan IPL Yang Kini Menghuni Liga 3

Skuad Persibo di Dirgantara Cup.

EJ – Bersama Persebaya, pada 2011, Persibo Bojonegoro pernah menjadi kontestan Liga Primer Indonesia (LPI), sebuah liga sempalan, yang akhirnya membuat keduanya mendapat sanksi turun kasta dari PSSI. Namun, sanksi tersebut dicabut saat Djohar Arifin menjabat Ketua Umum PSSI. Persibo ditetapkan menjadi kontestan liga baru bernama Indonesia Premier League (IPL) bersama Persebaya.

Saat ada unifikasi liga, Persibo kembali terkena sanksi akibat tindakan para pemain klub berjulur laskar Angling Dharma itu yang dinilai PSSI berpura-pura cedera saat menghadapi klub Hongkong Sun Hei di Piala AFC. Persibo dikeluarkan dari keanggotaan PSSI dan dilarang mengikuti liga unifikasi. Sejak saat itu, nama Persibo seakan menghilang dari persepak bolaan Indonesia. Sama seperti Persebaya.

Pada Kongres Tahunan PSSI di Bandung, Januari 2017, sanksi untuk Persibo diputihkan. Klub kebanggaan masyarakat Bojonegoro itu haknya dipulihkan namun harus merangkak dari Liga 3 (Liga Nusantara), kasta terendah sepak bola tanah air.

Untuk persiapan mengikuti Liga 3, manajemen Persibo melakukan seleksi pemain dan menyiapkan pemain sekelas Liga 2. Pertemuan antara stakeholder seperti pengurus, pejabat Pemkab, hingga suporter juga digelar Januari lalu untuk membahas nasib Persibo ke depannya.

Sebelum haknya dipulihkan, Persibo pernah menggelar launching tim. Manajemen Persibo di bawah PT Semangat Bojonegoro Jaya memperkenalkan nama pengurus dan manajemen serta nama-nama pemain hasil seleksi lokal. Peluncuran tim dilaksanakan di Bojonegoro, Maret 2016.

Sejauh ini, Persibo hanya menggelar uji coba dengan tim lokal. Pelatih Persibo, Bambang Pramudji, menggunakan turnamen Dirgantara Cup 2017 sebagai ajang untuk menakar para pemain seleksi. Di turnamen ini, mereka tergabung di Grup A bersama Persiba, PSMP, dan Persikama.

BACA:  Ini 19 Pemain Yang Dibawa Persebaya ke Dirgantara Cup

Persibo menduduki peringkat dua di bawah PSMP dengan nilai sama dari rekor satu kemenangan dan dua kali seri. Dari tiga kali bertanding, Persibo mencetak enam gol. Namun gawang mereka yang dijaga Khusnul Khuluq harus kebobolan sebanyak lima kali. Persibo kalah selisih gol dari PSMP yang membuatnya harus puas menjadi runner up. Mereka akan menjadi lawan Persebaya pada pertandingan semifinal yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Senin (6/3) pukul 18.30 WIB.

Para pemain yang mengisi daftar skuad di turnamen adalah para pemain lokal Bojonegoro dengan mayoritas pemain muda. Persibo membawa 20 pemain di turnamen. Ada nama eks striker Persela Bijahil Chalwa yang memperkuat barisan depan Persibo.

Pertandingan melawan Persebaya semula akan digelar mulai pukul 15.30 WIB. Namun setelah adanya manager meeting, waktu kick off dimundurkan menjadi pukul 18.30 WIB. Laga melawan Persebaya merupakan laga reuni kedua kesebelasan yang sama-sama pernah menghuni IPL. (iwe)

Daftar pemain Persibo:

Khusnul Khuluq (GK), Slamet Sampurna, David Aprilianto, Moch. Ashofi, Ridwan Abdullah, Achmad Michali, Totok Andika, A. Junaidi, Bijahil Chalwa, Aris Dwi S, M. Arif, M. Efendi (GK), Putra Firmansyah, Aries Purnomo, Agus Budi, Wahyu Teguh, Alif Riyan, Orlando.

Pelatih: Bambang Pramudji

  • Moh Arif Riyanto

    Semoga persibo arema indonesia dan persebaya cepat bangkit