Musa Kallon, Pemain Asing Persebaya Asal Sierra Leone

Musa Kallon. (Foto: footballsierraleone.net)

bonekpediaEJ – Pemain asing yang didatangkan Persebaya tak hanya dari benua Amerika atau Asia. Dari benua Afrika, ada beberapa nama yang menghiasi daftar pemain asing Persebaya. Salah satunya Musa Kallon.

Pemain tengah yang sebelumnya memperkuat PSM Makassar ini didatangkan Persebaya pada tahun 1996. Dia bertahan di Persebaya sampai tahun 1999.

Pemain kelahiran Sierra Leone 8 April 1970 ini merupakan pemain andalan lini depan Persebaya. Selama kompetisi Liga Indonesia V, Musa mencetak 8 gol sehingga mampu mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan gol terbanyak kedua.

Pada gelaran African Cup of Nations di Afrika Selatan tahun 1996, Musa dipercaya membela timnas Sierra Leone dan menjadi salah satu pemain kunci saat merebut gelar juara. Dia berhasil menyumbangkan 2 gol bagi timnas Sierra Leone saat mengalahkan Nigeria 5-1 di partai final.

Musa Kallon merupakan kakak dari Muhammed Kallon, mantan pemain Inter Milan. Setelah pensiun dari sepak bola, dia balik kampung dan mendirikan klub sepakbola, Kallon FC, yang dikelola bersama dengan adiknya.

Kemampuan melatih dan manajemen Kallon bersaudara ini ternyata tidak mengecewakan. Kallon FC berhasil menjuarai Sierra Leone National Premier League tahun 2004/2005. (*)

*) Halaman ini dipersembahkan oleh Bonekpedia

Facebook Comments
BACA:  Pablo Rojas, Striker Persebaya Yang Karirnya Terhenti Karena cedera