Satukan Kepingan Sejarah dalam Acara History of Persebaya

EJ – Persebaya adalah klub besar yang sarat sejarah. Tak salah jika Persebaya ikut mewarnai perjalanan sepak bola di Indonesia. Menyadari hal itu, komunitas Bonek Campus (Boca) akan membuat sebuah acara pameran dan talkshow bertajuk “History of Persebaya”.

Bertempat di Coffe Toffee, Jatim Expo, Boca akan mencoba untuk menyatukan kisah-kisah, suka duka, kepingan-kepingan sejarah panjang Persebaya. Acara yang akan berlangsung dua hari mulai 21-22 Mei ini akan memamerkan artikel, foto, koleksi pribadi pemain, video wawancara pemain, dan juga jersey persebaya.

Selain itu, acara ini menggelar talkshow dengan pelaku sejarah Persebaya. Acara juga membahas sejarah Persebaya secara khusus pada dekade 1970-an hingga 2000-an.

Acara ini diadakan satu bulan sebelum ulang tahun Persebaya ke-89. Usia 89 tahun bukan usia yang muda lagi jika disamakan dengan usia manusia. Manusia berusia 89 tahun sudah pasti akan mempunyai banyak pengalaman.

Seperti halnya Persebaya, klub berjuluk Bajol Ijo ini merupakan sebuah tim yang memiliki sejarah panjang. Sejarah yang terkadang kontradiktif seperti pernah menjuarai liga Indonesia namun pernah juga mengalami degradasi. Pernah ikut serta dalam pendirian PSSI dan kini tidak diakui PSSI.

“Acara ini menjadi kado bagi Persebaya dan Surabaya. Berbicara tentang Surabaya, Persebaya adalah salah satu ikon bersejerah Surabaya yang harus kita jaga bersama,” ujar Bayu, selaku ketua panitia.

Acara ini diharapkan bisa menjadi media pembelajaran, meningkatkan kesadaran bahwa Persebaya bukan lagi sekedar tim sepakbola. (ham)

BACA:  Menanti Bonek Yang Berbadan Hukum