Bule Penulis “Sepakbola The Indonesian Way of Life”: Perjuangan Bonek Layak Jadi Satu Bab di Buku

EJ – Jarang ada penulis luar yang membuat buku tentang sepak bola Indonesia. Padahal, Indonesia mempunyai banyak cerita sepak bola. Sejarah persepakbola kita sudah dimulai sejak era kolonial. Itulah mengapa sejarah persepakbolaan Indonesia begitu kuat. Sejarah klub-klub di Indonesia sangat melekat di hati para pendukungnya.

Anthony Sutton, bule asal London, Inggris ini merupakan penulis luar yang sangat langka karena menuliskan sepak bola Indonesia dari sudut pandangnya. Saat ini, ia sedang membuka pemesanan untuk bukunya yang berjudul “Sepakbola The Indonesian Way of Life”.

BACA:  Pemuja Sepak Bola: Religiusitas Lapangan Hijau

Buku yang ditulis blogger dengan nama Jakarta Casual ini menggambarkan kondisi persepak bolaan Indonesia berdasar pengamatannya selama tinggal di sini. Ia mengaku telah menonton 200 pertandingan klub dan timnas Indonesia. Tak hanya kasta tertinggi (ISL), ia juga berkeliling Indonesia untuk menonton pertandingan klub-klub penghuni kasta terendah.

Dalam salah satu bab bukunya, Anthony secara khusus menulis tentang Persebaya dan Bonek. Menurutnya, perjuangan Bonek layak untuk dijadikan salah satu bab di buku yang bisa dinikmati Februari nanti.

Halaman 1 2 3 4 5

Komentar Artikel