Cilegon United, Klub Liga 2 Yang Dilatih Pelatih Top

Cilegon United. (Foto: FB Cilegon United)
Iklan

EJ – Bagi yang belum tahu, Cilegon United FC terbentuk tahun 2012. Klub asal Banten ini juga peserta kompetisi Liga 2. Menghadapi musim 2017, Cilegon merekrut pelatih top asal Moldova, Arcan Iurie. Nama ini sudah tak asing lagi bagi pecinta sepak bola di tanah air. Ia sudah melanglang buana menangani klub-klub tanah air sejak 2005. Klub-klub seperti Persib, Persija pernah ia tangani. Persebaya pun pernah ia latih saat ia ditunjuk menggantikan Freddy Muli di putaran kedua Liga Indonesia 2008.

Cilegon merangkak dari bawah saat klub ini terbentuk. Mereka menjuarai Divisi III LI 2012 Zona Banten. Keberhasilan itu membuat mereka promosi ke Divisi Dua. Di musim berikutnya, mereka promosi ke Divisi Satu setelah di final mengalahkan Jember United dan menjadi juara. Mereka kemudian menjuarai Divisi Satu 2014 setelah mengalahkan Persibat Batang. Di tahun inilah mereka promosi ke Divisi Utama (Sekarang Liga 2, Red).

BACA:  Dirgantara Cup, Persebaya Berangkat Sabtu

Di Divisi Utama 2015, Cilegon tergabung dalam Grup 2 bersama Perserang, Persita, Villa 2000, Persikabo, PSGC, Persikad, Persires Kuningan, dan PSCS. Sayangnya kompetisi ini terhenti akibat sanksi dari FIFA kepada PSSI akibat adanya intervensi dari pemerintah.

Saat kompetisi sedang break, pemerintah mengijinkan PT GTS untuk menjalankan turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC). Klub-klub Divisi Utama termasuk Cilegon otomatis menjadi peserta ISC B, kasta kedua turnamen. Mereka tergabung dalam Grup 2.

Iklan

Cilegon mencatat hasil lumayan dengan menduduki peringkat tiga. Namun, Cilegon harus gigit jari karena hanya dua peringkat teratas yang berhak lolos ke babak selanjutnya.

Sebagai persiapan mengarungi kompetisi Liga 2, Cilegon mengikuti turnamen Dirgantara Cup. Pada pertandingan pertama, mereka kalah 0-1 dari Persbul. Beruntung, Cilegon menang 1-0 dari PSN Ngada pada pertandingan kedua. Kemenangan ini menjaga asa mereka lolos ke babak selanjutnya.

BACA:  Persebaya vs Cilegon United: Waspadai Sayap The Volcano

Dalam skuad, Cilegon merekrut Jalwandi, eks Persita, sebagai striker. Ia juga didukung Abdul Ali Nahumarury, eks Frenz United, sebuah klub asal Malaysia. Abdul Ali mencetak gol satu-satunya Cilegon saat mengalahkan PSN.

Pertemuan dengan Persebaya di partai pamungkas grup merupakan pertemuan perdana kedua klub. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (4/3) mulai pukul 18.30 WIB. (iwe)

Daftar Pemain:

TB Saprudin (GK), Akbar Tanjung, Gusripen Affandi, Akbar Rizal Lestaluhu, Ryco Fernanda, Deny Erwin, Septian Andriansyah, Hermansyah, Aray Suhendri, Abdul Ali Namuharury, Jalwandi, Rafit Ikhwanudin (GK), Petra Wanma, Gilang Mahesa, Nikmatullah, Ikbal Nugraha, Ihwan Wahyudi, Rudiyana.

Pelatih: Arcan Iurie

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display