Persibo, Mantan IPL Yang Kini Menghuni Liga 3

Skuad Persibo di Dirgantara Cup.

EJ – Bersama Persebaya, pada 2011, Persibo Bojonegoro pernah menjadi kontestan Liga Primer Indonesia (LPI), sebuah liga sempalan, yang akhirnya membuat keduanya mendapat sanksi turun kasta dari PSSI. Namun, sanksi tersebut dicabut saat Djohar Arifin menjabat Ketua Umum PSSI. Persibo ditetapkan menjadi kontestan liga baru bernama Indonesia Premier League (IPL) bersama Persebaya.

Saat ada unifikasi liga, Persibo kembali terkena sanksi akibat tindakan para pemain klub berjulur laskar Angling Dharma itu yang dinilai PSSI berpura-pura cedera saat menghadapi klub Hongkong Sun Hei di Piala AFC. Persibo dikeluarkan dari keanggotaan PSSI dan dilarang mengikuti liga unifikasi. Sejak saat itu, nama Persibo seakan menghilang dari persepak bolaan Indonesia. Sama seperti Persebaya.

BACA:  Azrul Ananda Akan Temani Persebaya di Final

Pada Kongres Tahunan PSSI di Bandung, Januari 2017, sanksi untuk Persibo diputihkan. Klub kebanggaan masyarakat Bojonegoro itu haknya dipulihkan namun harus merangkak dari Liga 3 (Liga Nusantara), kasta terendah sepak bola tanah air.

Untuk persiapan mengikuti Liga 3, manajemen Persibo melakukan seleksi pemain dan menyiapkan pemain sekelas Liga 2. Pertemuan antara stakeholder seperti pengurus, pejabat Pemkab, hingga suporter juga digelar Januari lalu untuk membahas nasib Persibo ke depannya.

Halaman 1 2 3

Komentar Artikel