Rian Lolos Seleksi Timnas, Jalani TC Jangka Panjang 15 April

Rian mengenakan seragam timnas. (Foto: EJ)
Iklan

EJ – Bek Persebaya Rachmat Irianto masuk dalam daftar 32 pemain yang lolos seleksi Timnas U-19 dan berhak mengikuti Training Center (TC). pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengumumkan nama-nama pemain yang masuk skuadnya setelah melakukan pertemuan dengan Ketua Departemen Tim Nasional, Gede Widiade.

Para pemain akan berkumpul kembali 15 April mendatang. Saat ini, sebagian besar pemain mengikuti Ujian Nasional dari tanggal 10 hingga 14 April. Rian, sapaan akrabnya, termasuk pemain yang mengikuti Ujian Nasional.

Di tahun 2017 ini, Timnas U-19 akan mengikuti Piala AFF pada September dan Kualifikasi Piala Asia November mendatang.

Indra mengatakan intinya selama seleksi terdapat dua poin penting, yakni untuk anak-anak lokal yang bermain di dalam negeri dan di luar negeri.

Iklan

“Kita sudah lakukan seleksi dari anak-anak lokal selama satu setengah bulan dimulai dari tingkat Asprov yang mencapai ribuan pemain, lalu regional, dan nasional. Terkumpulah 80 pemain yang ikut hingga kita latihan di Cijantung terbagi dalam 3 gelombang,” kata Indra Sjafri seperti dikutip di website resmi PSSI, Selasa (11/4).

BACA:  Timnas Akhirnya Jalani Latihan Perdana

Sedangkan untuk pemain yang di luar negeri, pelatih yang sukses membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF tahun 2013 ini menjelaskan bahwa dari 17 nama yang dipanggil hanya 14 pemain yang datang ikut seleksi.

“Ada beberapa pemain yang kami inginkan dan memenuhi kwalifikasi untuk direkrut untuk jadi bagian Timnas U-19. Namun mereka tidak bisa mengikuti TC jangka panjang, oleh karena mereka akan melanjutkan sekolahnya masing-masing di luar negeri. Tapi kami sudah ada solusi yakni menjalin komunikasi dengan pelatih mereka di sana untuk saling memberikan info tentang perkembangan performa mereka, Saya juga sudah mengadakan pertemuan dengan orang tua di Mess Senopati, Cijantung” tambah Indra.

“Dan hasil pertemuan itu, kalo memang Timnas U-19 membutuhkan mereka, mereka akan hadir sekitar 6 minggu sampai 2 bulan sebelum Piala AFF berlangsung. Hal ini juga sudah kami bicarakan dengan orang tua mereka,” tukasnya.

“Promosi degradasi tetap dijalankan kedepannya, walau cuma 10 persen, misalkan pemain tersebut sakit atau tidak bisa meningkatkan performanya dan indispliner. Saya pun berharap di era mendatang, seleksi pemain akan diadakan melalui scouting pemain dari kompetisi yang berjenjang dari tingkat provinsi sampai tingkat nasional,” tutupnya. (iwe)

BACA:  Rian Siap Tembus Skuad Timnas

Daftar 32 Pemain Timnas U-19:

Kiper:
1. M. Riyandi
2. Gianluca Rossy
3. Aqil Savik
4. Raka Handika

Belakang:
5. M.Rafid Lestaluhu
6. Dendi Zihan
7. Nurhidayat
8. Julyano Nono
9. Rachmat Irianto
10. Kadek Raditya
11. Renaldi Yulhan
12. Ahmad Saiful
13. Dedi Tri
14. Irsan Lestaluhu
15. Firza Andika

Tengah:
16. Achmad Arthur
17. Witan Sulaiman
18. Syarifudin Hidayatulloh
19. Luthfi Kamal
20. Teuku Noer Fadhil
21. M. Iqbal
22. Resky Witriawan
23. Adha Nurrokhim
24. Feby Eka Putra

Depan:
25. Jadug Arya
26. Aulia Hidayat
27. Jefry Bisae
28. Deka Toha
29. Hanis Saghara
30. M. Rafly Mursalim
31. Egy Maulana
32. Dava Aldiansyah

 

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display