Arema FC Tumbangkan Persebaya di Palaran

Persebaya. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya harus menyerah kalah di tangan Arema FC di babak semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018 di Stadion Palaran, Samarinda, Jumat (2/3). Singo Edan melesakkan dua gol di babak kedua sehingga menghentikan ambisi Persebaya melaju ke babak final.

Alfredo menurunkan para pemain terbaiknya di pertandingan kali ini. Trio penyerang Rishadi Fauzi, Feri Pahabol, dan Osvaldo Haay langsung dipasang. Sementara Robertino Pugliara dan Misbakus Solikin berada di tengah.

Hujan deras yang mengguyur sebelum pertandingan membuat lapangan banyak yang tergenang. Ini yang membuat di awal-awal pertandingan kedua tim sulit mengembangkan permainan.

Persebaya yang selalu mengandalkan umpan-umpan pendek kesulitan dalam kerjasama. Di menit 4, Dimas Galih dan Rishadi terkapar akibat benturan saat terjadi tendangan bebas untuk Arema. Namun keduanya bisa melanjutkan pertandingan usai mendapat perawatan.

Iklan
BACA:  Kalah Jumlah Pemain, Persebaya Menang Adu Penalti

Arema mendapat peluang pertamanya lewat kaki Dedi Santoso. Namun tendangan di dalam kotak penalti bisa diblok Dimas Galih. Hingga water break, belum ada gol tercipta. Dimas terpaksa ditarik keluar lapangan akibat cedera yang didapatnya saat bertabrakan dengan Rishadi di menit awal. Dia digantikan Alfonsius Kelvan.

Usai water break, beberapa kali serangan Persebaya mengancam gawang Arema. Tendangan bebas Pahabol masih bisa ditangkap kiper Kartika Aji.

Satu menit berselang, sundulan Osvaldo Haay menyambut umpan Otavio Dutra masih gagal. Di menit-menit akhir babak pertama, sebuah tendangan dari Thiago Furtuoso mampu ditepis Alfonsius.

Hingga wasit Novari Ikhsan meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor masih imbang 0-0.

Di babak kedua, Persebaya langsung menyerang. Sebuah tendangan spekulasi Ruben masih melambung di atas mistar. Untuk meningkatkan serangan, Alfredo menurunkan Sidik Saimima dan Rendi Irwan. Mereka menggantikan Abu Rizal dan Misbakus Solikin. Dikeluarkannya Abu Rizal membuat Persebaya bermain dengan skema tiga bek.

BACA:  Alfredo: Cari Pengalaman Lebih Penting Dibanding Juara

Sayangnya pergantian pemain itu tidak berbuah hasil. Saimima malah melakukan blunder dengan salah umpan ke Thiago yang berdiri bebas. Bola akhirnya digiring melewati Fandry Imbiri dan Thiago berhasil menyarangkan bola ke gawang Alfonsius Kelvan. 1-0 Arema unggul.

Ketinggalan satu gol, Persebaya terus meningkatkan serangan. Namun hingga water break, serangan Persebaya tak berbuah hasil. Arema menambah keunggulan melalui serangan balik. Ympan tarik pemain Arema dari sisi kiri disambar Hanif Syahbandi pada menit 86.

Skor 2-0 bertahan hingga babak kedua usai. Persebaya gagal melaju ke babak final dan harus puas memperebutkan peringkat ketiga pada Minggu (4/3) mendatang. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display