Persebaya Raih Peringkat Ketiga Usai Menang Lawan Borneo FC

Persebaya. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya akhirnya meraih peringkat ketiga usai mengalahkan Borneo FC di Piala Gubernur Kaltim 2018. Laga yang dimainkan di Stadion Palaran, Minggu (4/3), berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Persebaya.

Persebaya memasang duet Rachmat Irianto dan Otavio Dutra sebagai palang pintu pertahanan. Sementara M. Irvan dan M. Syaifuddin dipasang sebagai bek sayap. Sidik Saimima yang melakukan blunder saat melawan Arema FC tetap dipasang Alfredo Vera sebagai gelandang bertahan. Di depan, ada Riky Kayame, Oktafianus Fernando, dan Irfan Jaya.

Cuaca cerah membuat lapangan tidak licin. Ini membuat Persebaya bisa mengembangkan strategi umpan-umpan pendek dan penguasaan bola.

Pertandingan baru berjalan 13 menit, Irfan Jaya mendapat peluang di dalam kotak penalti. Sayangnya, tendangan kerasnya mampu diblok kiper Borneo, Muhamad Ridho.

Iklan

Meski Persebaya mendominasi permainan, Borneo masih mampu melancarkan serangan. Sebuah serangan tim Pesut Etam mampu digagalkan Rian dengan memotong umpan tarik pemain Borneo. Tendangan sudut bagi Borneo tapi belum berbuah hasil.

Jual beli serangan dilancarkan kedua tim. Sutan Samma yang lepas dari jebakan offside masih gagal karena Alfonsius Kelvan keluar dari sarangnya untuk membuang bola. Menit 31, tendangan bebas Irfan Jaya masih mampu ditepis Muhamad Ridho.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih sama kuat 0-0.

Di babak kedua, Persebaya masih saja mendominasi permainan. Robertino Pugliara dan Abu Rizal dimasukkan pada menit 65. Keduanya mengganti Misbakus Solikin dan Sidik Saimima. Sebuah peluang dari Irfan Jaya masih belum berbuah gol. Bola tendangannya lagi-lagi berhasil diamankan Muhamad Ridho. Tiga menit berselang, Riky Kayame hampir lepas di kotak penalti. Sayang bolanya mampu ditangkap kiper.

Persebaya memasukkan Rishadi Fauzi dan Feri Pahabol untuk menggantikan Riky Kayame dan Oktafianus Fernando. Pergantian ini berbuah manis. Rishadi yang berdiri bebas setelah bola umpan dari Feri Pahabol mampu memasukkan bola ke gawang Borneo. Persebaya unggul 1-0.

Unggul satu gol, Persebaya lebih banyak bertahan dan sesekali melakukan serangan balik. Sebuah gol Borneo di masa perpanjangan waktu dianulir wasit karena pemain berada dalam posisi offside. Hingga wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan, Persebaya masih tetap unggul.

Dengan kemenangan ini, Persebaya berhak mendapat gelar peringkat ketiga dan mendapat hadiah Rp 500 Juta. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display