Gol Tunggal Robertino Bawa Persebaya Kalahkan Perseru

Robertino Pugliara, pencetak gol perdana Persebaya di Liga 1 2018. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya berhasil meraih poin penuh pada pertandingan perdana Liga 1 2018. Menjamu Perseru Serui di Gelora Bung Tomo, gol tunggal Robertino Pugliara pada menit ke-70 memastikan Bajul Ijo mengamankan tiga poin di kandang sendiri.

Persebaya harus bersusah payah meladeni perlawanan Perseru di babak pertama. Pressing ketat yang dilancarkan Perseru sukses membuat Persebaya tak mampu mengembangkan permainan. Tiga gelandang Persebaya yang ditempati oleh Rendi Irwan, Misbakus Solikin dan Robertino Pugliara kewalahan menghadapi tekanan pemain-pemain Perseru yang dikomando oleh Djamel Romano dan Donny Monim.

Lebih banyak menguasai bola, Persebaya justru dikejutkan oleh serangan cepat Perseru lewat Silvio Escobar yang lolos dari jebakan offside. Beruntung kiper Dimas Galih dengan sigap mampu mengamankan bola.

Tuan rumah membutuhkan waktu 22 menit untuk menciptakan peluang. Oktafianus Fernando yang menerima umpan di dalam kotak penalti memperoleh ruang untuk menembak. Namun tendangannya masih bisa diblok oleh bek lawan.

Iklan
BACA:  Persebaya Akan Latihan Rutin di Karanggayam

Perseru pun tak tinggal diam. Secara bergantian Escobar dan Djamel Romano melepaskan tembakan kea rah gawang Persebaya. Namun tak satu pun yang mengarah tepat sasaran. Kedua tim menutup babak pertama dengan skor imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Persebaya semakin meningkatkan serangan. Irfan Jaya mendapat peluang bagus pada menit ke-51. Akan tetapi, tendangan Irfan sambil menjatuhkan diri gagal menemui sasaran.

Peluang emas Persebaya untuk unggul atas Perseru hadir pada menit ke-58. Robertino Pugliara dengan jitu melepaskan umpan daerah ke area kotak penalti Perseru. Namun sayang, eksekusi Rishadi Fauzi malah melambung di atas mistar gawang Perseru yang dijaga Annas Fitranto.

Untuk menambah daya sengat Bajul Ijo, Alfredo Vera memasukkan Ferinando Pahabol menggantikan Irfan Jaya. Benar saja, masuknya Pahabol mampu membuat serangan Persebaya menjadi lebih berbahaya.

Bajul Ijo akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-70. Berawal dari sepakan Ruben Sanadi dari luar kotak penalti, Robertino memperoleh bola rebound tepat di depan gawang Perseru. Dengan tenang, gelandang asal Argentina itu mampu mengelabuhi bek lawan sebelum melepaskan tembakan akurat ke tiang dekat.

BACA:  Persebaya Kembali Terkena Denda 150 Juta

Sepakan Robertino tak mampu ditahan oleh Annas Fitranto. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah. Unggul satu gol, skuat Green Force semakin bersemangat untuk menambah keunggulan.

Menit ke-77, Dutra nyaris menambah keunggulan Persebaya jika saja sundulannya tak bisa diamankan Annas. Selang beberapa menit kemudian, Riky Kayame yang masuk menggantikan Rishadi Fauzi juga memperoleh peluang untuk mencetak gol. Tetapi tendangan keras Kayame masih bisa ditepis Annas Fitranto.

Peluang Kayame tersebut sekaligus menjadi peluang terakhir di laga ini. Hingga wasit Agus Fauzan Arifin dari Sleman meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, taka da lagi gol yang tercipta. Persebaya pun sukses meraih kemenangan pada pertandingan perdananya di Liga 1. (rvn)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display