Persebaya vs Perseru: Mencari Awal Sempurna

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya mengusung misi meraih hasil sempurna pada pekan pertama Liga 1 2018. Menjamu Perseru Serui di Gelora Bung Tomo, Bajul Ijo memiliki modal kuat untuk meraih poin penuh atas Cendrawasih Jingga. Kemenangan atas lawan yang sama pada ajang Piala Presiden 2018 lalu merupakan bekal berharga bagi Persebaya jelang laga menghadapi Perseru.

Bukan hanya kemenangan pada pertemuan sebelumnya saja yang menjadi modal Persebaya kala jumpa Perseru. Kembali bergabungnya Irfan Jaya dan Osvaldo Haay selepas membela timnas Indonesia U23 beruji coba ke Singapura juga semakin menambah kekuatan skuat Green Force. Kehadiran Irfan yang juga pencetak gol ke gawang Perseru di Piala Presiden 2018 dipastikan akan menambah ketajaman lini depan Persebaya.

Meski tak bisa diperkuat Rachmat Irianto, Nelson Alom dan Muhammad Hidayat, namun Persebaya tetap mengusung kekuatan penuh pada laga ini. Rian Irianto absen karena harus mengikuti pemusatan latihan timnas U19. Sedangkan kondisi Hidayat dan Alom belum sepenuhnya fit untuk pertandingan menghadapi Perseru.

Tanpa Rian, Hidayat dan juga Alom, Alfredo Vera mengungkapkan bahwa timnya sudah siap untuk laga menjamu Perseru.

Iklan

“Kami sudah siap untuk pertandingan pertama di Liga 1. Semoga menjadi pertandingan yang bagus,” ujar Alfredo sehari jelang laga.

Tak bisa menurunkan tiga pemain andalannya, pelatih asal Argentina tersebut masih memiliki banyak pilihan di timnya. Di lini belakang, Andri Muliadi sudah kembali mengikuti latihan Persebaya setelah sembuh dari sakit. Opsi lain di sektor pertahanan pun ada nama Mokhammad Syaifuddin.

Untuk lini tengah, absennya Hidayat dan Nelson Alom membuat gelandang muda Adam Maulana punya peluang bermain sejak menit awal. Adam akan berdampingan dengan Misbakhus Solikin di area sentral Persebaya.

BACA:  Lupakan Kekalahan, Persebaya Fokus Lawan Sriwijaya FC

Kekuatan Persebaya jelang laga perdana kontra Perseru sebenarnya semakin bertambah pasca hadirnya David da Silva. Namun Da Silva nampaknya belum akan dimainkan karena ia baru saja bergabung dan belum mendapatkan kesempatan beradaptasi dengan skema main Persebaya.

Tanpa Da Silva, Persebaya masih memiliki Rishadi Fauzi sebagai andalan untuk mendulang gol. Selama masa pramusim, Rishadi tampil tajam dengan koleksi lima gol. Ketajaman penyerang jangkung itu pun kembali dinanti pada pertandingan menghadapi Perseru. Selain Rishadi, opsi lain di lini depan ada pada sosok Osvaldo Haay.

Osvaldo telah kembali dari pemusatan latihan timnas U23. Eks pemain Persipura itu pun punya kesempatan untuk menunjukkan potensi yang ia miliki di depan pendukung Persebaya.

Dari kubu lawan, Perseru melakukan sejumlah perombakan usai tampil buruk pada gelaran Piala Presiden lalu. Hadirnya I Putu Gede sebagai pelatih anyar turut membawa sejumlah perubahan bagi tim berjuluk Cendrawasih Jingga tersebut.

Tak hanya memiliki nakhoda baru di kursi pelatih, Perseru juga memboyong amunisi-amunisi baru guna memperkuat tim.

Di lini belakang, Perseru kedatangan bek tangguh asal Jepang, Kunihiro Yamashita. Yamashita akan bahu-membahu dengan Boman Aime menggalang lini pertahanan Perseru. Satu muka baru yang wajib diwaspadai Persebaya adalah Djamel Leeflang. Kehadiran pemain asal Belanda itu diprediksi akan memberi warna baru di sektor tengah Perseru yang sebelumnya sudah dihuni oleh pemain-pemain cepat macam Yohanis Nabar dan Lukas Mandowen.

BACA:  Cetak Hat-trick Lagi, David Da Silva: Ini Hasil Kerja Tim

Hadirnya muka-muka baru di tim Cendrawasih Jingga pun membuat Putu Gede cukup percaya diri untuk meladeni permainan agresif Persebaya.

“Persebaya tidak banyak berubah, dari dulu sampai sekarang sama tapi ya saya rasa kami bisa meredam, semua pemain bisa main, kami lihat perkembangan dari pemain” kata Putu Gede dalam sesi jumpa pers sebelum pertandingan.

Bagi Persebaya, laga pembuka kontra Perseru merupakan momen yang tepat untuk memulai kompetisi dengan hasil memuaskan. Pengalaman pernah mengalahkan Perseru di tempat yang sama tentu membuat Rendi Irwan dan kolega tahu benar cara untuk menaklukkan Cendrawasih Jingga. Namun meski begitu, skuat Bajul Ijo tak boleh terlalu jumawa pada laga kali ini.

Bagaimanapun juga Perseru harus tetap diwaspadai. Mereka memiliki sayap-sayap cepat dengan determinasi tinggi khas tim-tim asal Papua. Oleh sebab itu, lini belakang Persebaya yang dikomando Otavio Dutra dan Fandry Imbiri wajib tampil prima jika tak ingin kecolongan oleh eksplosivitas pemain-pemain Perseru. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Perseru:

Persebaya (4-3-3): Alfonsius Kelvan (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Adam Maulana, Rendi Irwan (C), Misbakhus Solikin (T); Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Ferinando Pahabol (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Perseru (4-2-3-1): Annas Fitranto (PG); Kelvin Wopi, Boman Aime, Kunihiro Yamashita, Indra Permana (B); Nerius Alom, Djamel Leeflang (T); Yohanis Nabar, Steven Imbiri, Lukas Mandowen (T); Silvio Escobar (C)(D)
Pelatih: I Putu Gede

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display